DetikNews
Senin 07 Mei 2018, 09:36 WIB

Pelajar di Surabaya dan Sidoarjo Diajak Berbisnis, Ini Caranya

Fatichatun Nadhiroh - detikNews
Pelajar di Surabaya dan Sidoarjo Diajak Berbisnis, Ini Caranya Foto: Istimewa
Surabaya - 5 Pelajar SMA/K di Surabaya dan Sidoarjo diajak bersaing menunjukkan kepiawaian berbisnis. Dalam kompetisi kewirausahaan bertema 'Regional Student Company Competition 2018' ini, para pelajar mempresentasikan pencapaian bisnis dari usaha mikro yang dijalankan di sekolahnya.

Para pelajar dari SMAN 1 Waru, SMAN 4 Sidoarjo, SMAN 21 Surabaya, SMKN 3 Buduran dan SMK GIKI 1 Surabaya, ini memamerkan produk inovasi andalan usahanya. Mereka dibina menjadi wirausaha sungguhan melalui program pendidikan aplikasi kewirausahaan, Perusahaan Siswa (JA Student Company).

Selama 6 bulan, mereka mendirikan dan mengoperasikan sebuah usaha mikro di sekolah. Mulai menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, melakukan penjualan produk, hingga likuidasi perusahaan. Mereka juga mendapat bimbingan bisnis secara intensif.

"Siswa SMA dan SMK perlu didorong untuk dapat menciptakan bisnis dengan keterampilan yang dimiliki pasca lulus sekolah. Kita perlu melatih dan merangsang potensi kewirausahaan anak muda sejak mereka duduk di bangku sekolah," kata Management Advisor Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner, Senin (7/5/2018).

Dia menjelaskan program ini memberikan dasar-dasar bisnis kepada siswa melalui pembelajaran dan pengalaman secara langsung. Citi Indonesia dan PJI terus berkomitmen untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia mewujudkan potensi bisnis mereka dan meraih masa depan yang lebih baik.

Sejak 2014, program ini memberikan dampak positif bagi 37.797 siswa dari 115 SMA/K di 6 (enam) kota Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Denpasar dan Medan.

"Dengan mengasah potensi kewirausahaan dan mendorong generasi muda akan menjadi wirausaha yang tumbuh sukses secara individu sekaligus memberikan dampak positif ekonomi kepada komunitas di sekitar mereka," tambahnya.

Sementara Director Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Elvera N. Makki mengaku generasi muda berhak memperoleh kesempatan ekonomi. Tidak hanya di ibu kota tetapi juga di kota-kota besar lainnya seperti Surabaya dan Sidoarjo.

"Kesempatan dan pengalaman berwirausaha yang diberikan bagi murid-murid SMA/SMK dalam program ini akan membantu kesuksesan mereka di masa depan, tak hanya dari sisi pengetahuan bisnis tetapi juga dalam hal literasi dan inklusi keuangan," tegasnya.

Dalam program ini, jelas dia, para siswa dibagi menjadi lima divisi layaknya perusahaan sungguhan. Yakni, production, marketing, finance, human resources, dan public. Dan menjabat mulai President Director, Vice President, Manager, hingga Staff.

Sementara Dicky Fahmi Ardiansyah, siswa SMKN 3 Buduran yang menjadi President Director Neo SC menjelaskan dirinya merasa senang bisa tergabung dalam program Student Company.

"Saya belajar bagaimana menjadi wirausaha yang sukses, melatih kedisiplinan dalam bekerja, serta mengelola waktu dan tim dengan baik. Ini menjadi pengalaman berharga dan motivasi bagi saya untuk menjadi wirausaha yang bermanfaat," tandasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed