DetikNews
Senin 07 Mei 2018, 15:07 WIB

Harga Tiga Kebutuhan Pokok Ini Naik Jelang Ramadan

Charolin Pebrianti - detikNews
Harga Tiga Kebutuhan Pokok Ini Naik Jelang Ramadan Kepala Dinas Industri Perdagangan dan Koperasi, Addin Andanawarih/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Jelang ramadan sejumlah bahan kebutuhan pangan meningkat. Data Dinas Industri, Perdagangan dan Koperasi Ponorogo ada tiga jenis barang yang mengalami kenaikan. Yakni terigu, telur dan ayam potong.

Kepala Dinas Industri, Perdagangan dan Koperasi, Addin Andanawarih mengaku kenaikan tersebut mulai dari Rp 500 hingga Rp 10 ribu.

"Terigu naik Rp 500, telur naik Rp 2 ribu dan ayam potong naik Rp 10 ribu," tutur Addin kepada detikcom, Senin (7/5/2018).

Addin menambahkan kenaikan tersebut dipicu makin banyaknya daya beli masyarakat sehingga stok di pasar sedikit. "Akhirnya mengalami kenaikan harga," terang dia.

Menurutnya, saat ini masyarakat tengah disibukkan dengan kegiatan membuat kue kering. Sehingga ketiga bahan tadi menjadi langka dan harganya mahal. "Yang paling kerasa justru harga daging ayam yang naik Rp 10 ribu," ujar dia.

Kenaikan ini sudah mulai dirasakan oleh masyarakat sejak tiga hari lalu. "Bahkan diprediksi hingga habis lebaran nanti, tapi kami akan tetap pantau terus harganya," tukas Addin.

Addin pun mengaku sudah menyiapkan berbagai strategi untuk menekan harga kebutuhan yang semakin meninggi. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan wilayah Pacitan, Madiun dan Magetan jika sewaktu-waktu ada barang komoditas yang kurang.

"Bahkan pak menteri perdagangan (Enggartiasto Lukita,red) juga menjanjikan memasok kebutuhan pangan warga di Jawa Timur kalau ada kekurangan," tegas dia.

Selain itu, Addin pun menyiapkan operasi pasar demi menekan harga. "Kami bekerjasama dengan Bulog untuk operasi pasar secara rutin bahkan sampai tanggal 30 Desember nanti," tandas dia.

Sementara salah satu warga Desa Kunti, Kecamatan Bungkal, Misti mengaku keberatan dengan harga sembako yang semakin meningkat.

"Padahal belum masuk puasa, tapi harga ayam melambung tinggi. Susah belanjanya kalau begini," keluh Misti.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed