DetikNews
Rabu 02 Mei 2018, 15:06 WIB

Ayam Broiler Langka di Probolinggo, Satgas Pangan Sidak Distributor

M Rofiq - detikNews
Ayam Broiler Langka di Probolinggo, Satgas Pangan Sidak Distributor Foto: M Rofiq
Probolinggo - Dalam dua hari terakhir, stok ayam potong broiler mengalami kelangkaan di pasaran Kota Probolinggo. Tim satgas pangan Polres Probolinggo Kota bersama Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian, Bulog dan instansi terkait pun menggelar sidak ke sejumlah distributor ayam potong broiler di Probolinggo.

Wakapolres Probolinggo Kota, Kompol Djumadi memastikan hal ini. "Jadi kami memastikan dengan bertanya langsung kepada distributor ayam potong broiler di Kota Probolinggo," katanya saat sidak di salah satu distributor ayam broiler di Kelurahan Sumbertaman Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo, Rabu (2/5/2018).

Djumadi menambahkan, berkurangnya stok ayam potong broiler disebabkan stok dari distributor sendiri sedang menipis. Namun ia mengungkapkan mulai tadi malam stok dari pengepul sudah tersedia.

"Pedagang ayam potong besok bisa kembali berjualan," jelasnya.


Kepala Dinas DKUPP Kota Probolinggo, Gatot Wahyudi mengamini dan berharap ketersediaan stok ayam potong bloiler bisa kembali normal.

"Namun dengan catatan harga harus bisa stabil sesuai dengah harga pengambilan dari pabrik. Jadi distributor harus menjual kepada para pedagang dengan harga yang terjangkau," ujarnya.

Gatot menegaskan, sesuai dengan harga jual daging ayam potong broiler di tingkat pedagang, distributor memastikan hanya akan mematok di kisaran harga Rp 37 ribu perkilogramnya.

"Kami akan tetap pantau ketersediaan dan penjualan ayam potong broiler sehingga kelangkaan ini tidak sampai meresahkan masyarakat," tambahnya.


Sementara itu, salah satu distributor ayam potong broiler di Kota Probolinggo, Edi Santoso (50) mengungkapkan, besok pedagang ayam potong broiler bisa kembali berjualan karena stoknya sudah ada.

Edi sendiri mengaku menerima kiriman stok sebanyak 6 ton ayam potong broiler. Sedangkan untuk kebutuhan ayam potong broiler di Kota Probolinggo jumlahnya mencapai 28 ton perharinya.

"Dipastikan besok ketersediaan ayam potong broiler dijamin tersedia. Namun untuk hari setelahnya saya belum bisa memastikan stok ayam potong broiler," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, kelangkaan stok ayam broiler di Probolinggo menyebabkan sejumlah lapak pedagang tutup. Stok ayam yang ada pun dijual dengan harga selangit.

"Saya menjual daging ayam potong sisa kemarin dengan harga Rp 36 ribu. Sebelumnya harga ayam potong hanya berkisar di harga Rp 30-32 ribu/kg," kata Suratmi (53), salah satu pedagang ayam potong di Pasar Baru Kota Probolinggo kemarin.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed