Harga Kebutuhan Pokok di Sidoarjo Turun, Pembeli Tetap Sepi

Suparno - detikNews
Rabu, 02 Mei 2018 11:17 WIB
Foto: Suparno
Foto: Suparno
Sidoarjo - Menjelang bulan suci Ramadhan, harga sejumlah kebutuhan pokok di Sidoarjo mengalami penurunan. Namun penurunan harga tersebut tidak lantas membuat para pedagang senang.

Dari pantauan detikcom di sejumlah pasar besar di Sidoarjo, harga kebutuhan pokok yang mengalami penurunan di antaranya bawang merah yang awalnya seharga Rp 30 ribu turun menjadi Rp 27 ribu per kg; bawang putih dari Rp 25 ribu turun menjadi Rp 15 ribu; cabai rawit dari yang semula Rp 40 ribu turun menjadi Rp 25 ribu; dan cabai besar dari harga Rp 35 ribu turun menjadi Rp 25 ribu.

Selain keempat bahan pokok tersebut, harga sayuran juga mengalami penurunan, semisal tomat dari yang awalnya seharga Rp 10 ribu/kg turun menjadi Rp 7 ribu; wortel dari Rp 8 ribu turun menjadi Rp 5 ribu; kol hijau dari Rp 25 ribu turun Rp 20 ribu; dan kol putih seharga Rp 15 ribu/kg turun menjadi Rp 12 ribu.


Namun ada juga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan, di antaranya ayam, telur dan ikan air tawar.

"Harga memang ada beberapa yang mengalami penurunan, kami sempat heran, tapi itu tidak membuat kami senang," kata Tutik (58), salah satu pedagang di Pasar Baru Porong kepada detikcom, Rabu (2/4/2018).

Sebab biasanya, lanjut Tutik, harga kebutuhan pokok di Pasar Baru Porong cenderung naik jelang bulan Ramadhan, tetapi kali ini justru mengalami penurunan. Penurunan harga itu juga tidak lantas membuat pedagang senang lantaran pasca kebakaran yang menimpa pasar setahun yang lalu, pasar ini sudah jarang pembeli yang datang.

"Kami berharap Pemerintah Kabupaten Sidoarjo segera membantu pedagang Pasar Porong ini. Lantaran sepinya pembeli," tambah Tutik.

Harga Kebutuhan Pokok di Sidoarjo Turun, Pembeli Tetap SepiFoto: Suparno

Di tempat yang sama, Sri Widianti (42) pedagang telur, mengatakan bahwa mendekati bulan Ramadhan ini harga telur ayam mengalami kenaikan dari yang biasanya Rp 19 ribu/kg sekarang naik menjadi Rp 22 ribu/kg.

"Untuk harga telur naik tapi tidak terlalu tinggi. Biasanya awal bulan Ramadhan naik lagi," ungkap Sri.


J Anik (42), pedagang daging sapi di Pasar Larangan, menambahkan, untuk harga daging sapi di Pasar Larangan masih stabil alias belum ada kenaikan. "Harga daging sapi per Kg Rp 95 ribu kualitas baik, sementara Rp 90 ribu kualitas sedang," paparnya.

Sedangkan menurut Imam Buchori (45) pedagang daging ayam di Pasar Sepanjang Taman Sidoarjo, harga daging ayam menjelang bulan Ramadhan mengalami kenaikan dari yang awalnya Rp 29 ribu/kg naik menjadi Rp 34 ribu/kg.

"Untuk harga daging ayam naik. Selain naik, stok barang ayam potong susah didapat. Kami mengharapkan pemerintah untuk turun tangan terkait kelangkaan ayam potong," tambahnya. (lll/lll)