DetikNews
Selasa 01 Mei 2018, 14:06 WIB

Stok Ayam Broiler Kosong, Harga Ayam Kampung Selangit

M Rofiq - detikNews
Stok Ayam Broiler Kosong, Harga Ayam Kampung Selangit Stok ayam broiler kosong/Foto: M Rofiq
Probolinggo - Stok ayam potong broiler di pasaran Kota Probolinggo, kosong. Sejumlah pedagang pilih libur tak berjualan, karena tidak ada daging ayam yang bisa dijual. Kosongnya stok ayam potong di pasaran membuat harga jual ayam kampung melambung tinggi.

"Saya menjual daging ayam potong sisa kemarin dengan harga Rp 36 ribu. Sebelumnya harga ayam potong hanya berkisar di harga Rp 30-32 ribu/kg," kata Suratmi (53), salah satu pedagang ayam potong di Pasar Baru Kota Probolinggo, Selasa (1/5/2018).

Stok ayam potong kosong ini, menurut Suratmi, karena sejumlah pedagang tidak mendapat kiriman dari pengepul ayam potong. "Saya mendengar kabar kalau pengepul tidak bisa kulakan lantaran tutup," jelasnya.

Dan rencananya, kosongnya stok ayam potong ini akan berlangsung selama 3 hari hingga Jumat (4/5/2018) mendatang. "Sesuai dengan infomasi pengepul ayam yang menjadi langganan saya, katanya 3 hari nanti ayam kosong," ujarnya.

Kondisi ini membuat lapak-lapak pedagang tutup. "Jadi selama tiga hari ke depan pedagang tidak bisa berjualan," ujarnya.

Hal senada diungkapkan pedagang lainnya, Mistia (49). Dia mengaku saat ini jenis ayam potong jenis broiler memang stoknya kosong. Ayam potong yang dijual sebagian pedagang hanya daging ayam potong kampung. Dengan kosongnya ayam potong broiler, harga jual ayam potong kampung selangit.

"Sebelumnya harganya berkisar 50 ribu/kg sekarang naik menjadi Rp 55 ribu/kg," ungkapnya.

Sementara Suliha (30) salah satu pembeli daging ayam mengaku stok ayam broiler membuat dirinya harus membeli daging ayam potong jenis kampung.

"Meski harganya mahal tetap saya beli. Karena daging ayam merupakan kebutuhan untuk menu konsumsi di dalam keluarganya," katanya.

Namun dia mengharapkan pemerintah segera mengatasi kekosongan stok ayam di pasar Probolinggo. "Sebab daging ayam potong jenis broiler sangat dibutuhka. Harganya lebih murah dari daging ayam potong kampung," harapnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed