DetikNews
Jumat 27 April 2018, 16:11 WIB

Persiapan Arus Mudik, Tim Gabungan Periksa 16 Jembatan di Blitar

Erliana Riady - detikNews
Persiapan Arus Mudik, Tim Gabungan Periksa 16 Jembatan di Blitar Foto: Erliana Riady
Blitar - Jelang arus mudik, tim gabungan melakukan pengecekan pada 16 jembatan di Kabupaten Blitar.

Pengecekan itu dilakukan oleh Satlantas Polres Blitar bersama Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Surabaya, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Blitar.

Ada empat jembatan yang diperiksa, dan keempatnya berada di jalur provinsi, di antaranya Kalilegi Kesamben, Kali Tuwuh Brongkos, Kali Lekso Wlingi dan Jembatan Kademangan.

Selain itu, tim gabungan juga mengecek tiga black spot (daerah rawan kecelakaan) yang masuk wilayah hukum Polres Blitar, yaitu Tikungan Pojok Garum, Jalan Raya depan SPBU Bence Garum dan Jalan Raya Pagergunung Kesamben.

"Hasilnya dari 16 jembatan yang ada, semuanya aman untuk dilewati atau digunakan, terutama untuk arus mudik dan arus balik," kata Kasatlantas Polres Blitar AKP Muhammad Amirul Hakim, Jumat (27/04/2018).

Namun khusus jembatan Kademangan, BBWS Surabaya memberi perhatian khusus sebab umur jembatan tergolong tua dan perlu ditambah sejumlah fasilitas penunjang keamanan untuk pengguna jalan.

"Tahun ini BBWS memang berencana menguatkan konstruksi jembatan. Sementara Dishub Provinsi Jawa Timur rencananya juga akan menambah sejumlah fasilitas untuk meminimalisir kecelakaan," imbuh Amirul.

Sedangkan di lokasi black spot, lanjut dia, Dishub Pemprov Jatim akan memasang Pita Penggaduh. Pita Penggaduh adalah kelengkapan tambahan pada jalan yang berfungsi untuk membuat pengemudi lebih meningkatkan kewaspadaan menjelang suatu bahaya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed