Risma Ingin Buat Obyek Wisata Sungai di Seputaran Jembatan Merah

Zaenal Effendi - detikNews
Jumat, 27 Apr 2018 13:41 WIB
Wali Kota Risma saat kerja bakti bareng Kapolrestabes dan Danrem. (Foto: Zaenal Effendi)
Surabaya - Kerja bakti yang dilaksanakan Pemkot Surabaya bersama Polrestabes Surabaya dan Koram 084/Bhaskara Jaya tidak hanya sekadar untuk bersih-bersih jalan dan pinggir sungai. Wali Kota Tri Rismaharini mengaku sudah memiliki rencana khusus untuk menindaklanjutinya.

Risma berencana membuat destinasi wisata di kawasan timur Jembatan Merah dengan memanfaatkan sungai yang ada.

"Ini bisa jadi tempat wisata," kata Risma usai kerja bakti, Jumat (27/4/2018).

Risma mengaku sudah memiliki konsep yang akan diusung untuk destinasi wisata tersebut. "Sebetulnya saya sudah punya ide cuma kan effortnya tinggi disini. Alhamdulillah dari TNI/Polri siap bantu. Kita akan konsentrasi disini untuk membersihkan kawasan disini baru kita mulai pembangunannya," ujarnya.


Sejumlah rencana yang akan direalisasikan untuk itu antara lain membangun air mancur di sisi kanan dan kiri jembatan. Air mancur ini juga akan disertai lampu sorot. "Konsepnya nanti kita buat air mancur di tepi sungai mengarah ke sungai, jadi perahu lewat ada air mancur di sisi kiri-kananya," terang Risma.

Dengan rencana tersebut, Risma juga berharap bisa membangkitkan kondisi perekonomian di kawasan tersebut.

Ketika ditanya kapan proyek ini akan dimulai, Risma memperkirakan rencananya bisa saja terwujud tahun ini, itupun jika kawasan tersebut sudah bersih.

"Kalau kita buat tapi lingkungannya jelek, orang nggak akan mau datang. Kalau lingkungan bagus tidak sia-sia investasi yang kita buat. Kawasan ini bisa menjadi kawasan tengah kota kalau malam sepi. Nanti malam juga bisa hidup ada fasilitas itu, kalau ini selesai tahun ini kelar," harap Risma.


Di depan Kapolrestabes dan Danrem, Risma juga mengatakan bahwa destinasi wisata itu bisa jadi kenang-kenangan yang nyata bagi keduanya bilamana kelak harus pindah tugas serta naik pangkat.

"Saya sampaikan ke Pak Kapolres dan Pak Danrem, sebelum pindah Jenderal ini bisa jadi tempat wisata supaya ada tempat kenangan di Kota Surabaya dan riil kenang-kenangannya," pungkas Risma yang kemudian diamini oleh Kapolrestabes Kombespol Rudi dan Danrem 084/Bhaskara Jaya Kolonel (Kav) M Zulkifli. (ze/lll)