DetikNews
Kamis 26 April 2018, 20:13 WIB

Diduga Ada Pencurian Soal UNBK, Risma Gelar Rapat Tertutup

Zaenal Effendi - detikNews
Diduga Ada Pencurian Soal UNBK, Risma Gelar Rapat Tertutup Wali Kota Risma dan Kapolrestabes Surabaya memberikan keterangan (Foto: Zaenal Effendi)
Surabaya - Ada dugaan pencurian soal UNBK di salah satu SMPN di kawasan Surabaya Utara. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengumpulkan pejabat terkait termasuk kepolisian untuk kasus tersebut.

Mereka yang bertemu dengan Risma adalah Kepala Dinas Pendidikan Ikhsan, Kabag Hukum Ira Tursilowati, Kepala Inspektorat Sigit Sigiharsono, Asisten 3 Hidayat Syah serta Kapolrestabes Kombes Pol Rudi Setiawan.

Mereka melakukan pertemuan tertutup di ruang kerja Wali Kota di Balai Kota Surabaya, Kamis (25/4/2018) petang.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan bahwa pihaknya telah menemukan adanya indikasi kejanggalan pada pelaksanaan UNBK di salah satu sekolah SMP Negeri Surabaya.
Kejanggalan itu berawal dari adanya peserta ujian yang seharusnya melaksanakan pada sesi pertama (pagi), namun malah melakukan pada sesi ke tiga (sore).

"Mestinya anak-anak itu mengikuti ujian sesi satu, tapi malah dipindah ke sesi tiga. Dan kami temukan adanya kejanggalan," kata Risma saat menggelar jumpa pers di ruang kerja Balai Kota.

Temuan kejanggalan ini ditemukan sendiri oleh pihak Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya yang saat itu sedang memantau jalannya proses UNBK SMP/MTs melalui Pos terpadu. Dirinya memastikan, temuan ini merujuk pada indikasi kecurangan.

"Kami tidak bisa ngomong itu settingan dari awal. Dan yang menemukan pertama kali Dispendik Surabaya. Makanya kemudian kami konsultasikan ke pihak Kepolisian dulu," terangnya.
(ze/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed