DetikNews
Kamis 26 April 2018, 16:35 WIB

Sekarung Koin Kuno China Ditemukan di Belakang Rumah Warga

Ardian Fanani - detikNews
Sekarung Koin Kuno China Ditemukan di Belakang Rumah Warga Mastur menemukan ribuan koin kuno di belakang rumahnya. (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Warga Dusun Sumberan, Desa Macan Putih Kecamatan Kabat dikejutkan dengan penemuan ribuan koin kuno bertuliskan huruf China di belakang rumah warga.

Penemunya adalah Mastur (39). Pria yang bekerja sebagai petani itu mengaku pertama kali menemukan koin-koin kuno bertuliskan huruf China itu di belakang rumahnya, dua hari yang lalu.

"Saya menemukan di tanah saat akan memberi makan kambing. Saat itu langsung saya bongkar dan banyak jumlahnya," ungkap Mastur kepada wartawan, Kamis (26/4/2018).


Mastur kemudian memunguti koin-koin kuno itu bersama rekannya. Setelah dihitung bersama saudara dan teman-temannya, Mastur menyebutkan ada 2.200 koin yang ditemukannya. "Beratnya sekitar 15 kilogram," tambahnya.

Namun untuk saat ini, Mastur mengaku hanya menyimpan 222 keping koin. Sementara ribuan lainnya ada di salah satu saudaranya, Warudin di Dusun Sempu, Desa Gombolirang, Kecamatan Kabat.

"Ada sekitar 2000-an di rumah saudara saya. Memang sengaja disimpan disana," lanjutnya.


Ditambahkan Mastur, beberapa tahun lalu juga ditemukan benda-benda peninggalan sejarah seperti guci berukuran besar berisi koin kepeng. Menurut informasi, lokasi ditemukannya uang kuno itu memang sempat menjadi markas VOC.

"Sebelumnya sudah dua kali, berupa uang dan guci besar. Tapi sudah dijual," pungkasnya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed