DetikNews
Rabu 25 April 2018, 16:43 WIB

Puluhan Ribu Botol siap Dimusnahkan, Polisi Perangi Miras di Jatim

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Puluhan Ribu Botol siap Dimusnahkan, Polisi Perangi Miras di Jatim Ribuan botol miras diamankan/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Jakarta - 50.070 Botol minuman keras (miras) dari berbagai daerah di Jatim diamankan. Miras yang terdiri dari berbagai merek, jenis hingga ukuran ini dikumpulkan dari Operasi Tumpas Semeru 2018.

"Secara menyeluruh operasi selama 10 hari ini ada sekitar 50 ribuan botol dari seluruh jajaran di Polda Jatim," ujar Kapolda Irjen Pol Machfud Arifin usai melakukan simbolis pemusnahan di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Rabu (25/4/2018).

Tak hanya itu, Machfud mengaku akan menindak tegas para produsen yang tidak bertanggung jawab ini. Baginya, hukuman pidana juga akan dilayangkan pada produsen ilegal miras.

"Iya kami akan pidanakan produsennya apalagi ilegal. Kita proses yang selama hanya enak-enak saja pedagangnya itu akan kita proses dengan sungguh-sungguh," lanjut Machfud.

Dalam hal ini, Machfud menyatakan perang dengan miras. Karena telah memakan korban yang cukup banyak akibat pengaruh miras.

"Ini kita nyatakan perang dengan minuman keras di Jawa Timur," tambahnya.

Kendati demikian, Machfud mengatakan akan melakukan pemusnahan pada Jumat (27/4) mendatang. Rencananya, polisi akan mengundang beberapa perwakilan seperti dari Kejati Jatim dan para kiai.

"Nanti kita undang para kiai juga karena sebentar lagi kan mau masuk bulan puasa," ujar jenderal bintang dua ini.

Sementara untuk menumpas habis peredaran miras, Polda Jatim akan melakukan Operasi Mandiri Kewilayahan. Operasi ini akan diadakan mulai besok hingga 10 hari mendatang.

"Untuk itu setelah operasi tumpas narkoba yang di dalamnya ada operasi miras juga, kita lanjutkan operasi mandiri kewilayahan selama 10 hari," tambah Machfud.

Diharapkan dalam operasi ini, semua pihak juga ikut membantu untuk memberantas miras ilegal yang telah merenggut nyawa puluhan orang di Jatim selama beberapa pekan ini.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed