DetikNews
Selasa 24 April 2018, 18:45 WIB

Empat Pelaku Penggandaan Uang Nyaru Tokoh Agama Dibekuk

Zaenal Effendi - detikNews
Empat Pelaku Penggandaan Uang Nyaru Tokoh Agama Dibekuk Pelaku penggandakan uang dibekuk/Foto: Zaenal Effendi
Surabaya - 4 Pelaku penipuan berdalih bisa menggandakan uang, biasa beraksi di beberapa daerah termasuk luar Jawa dibekuk. Ke 4 pelaku ini berasal dari dua kelompok berbeda.

Keempat pelaku itu, ST (48), HW (28) keduanya warga Situbondo dan MS (44) warga Probolinggo dan BD (42) warga Buleleng Bali.

"Jadi para pelaku ini mengaku pada korban jika bisa menggandakan uang dan melakukan aksinya di beberapa TKP," kata Kapolres Tanjung Perak AKBP A Agus R di Mapolres Tanjung Perak, Selasa (24/4/2018).

Sedangkan lokasi kejadian yang menjadi aksi para pelaku, jelas dia, di antaranya wilayah Tanjung Perak, Jember dan Batam. "Ada sekitar 8 lokasi kejadian di laporan yang kami terima," ujarnya.

Agus menjelaskan, keempat pelaku dari dua kelompok berbeda ini modusnya sama-sama berpura sebagai seorang tokoh agama. "Ada beberapa peran yang diperankan para pelaku. Mulai menjadi tokoh agama, peran yang meyakinkan korban hingga sopir," ujarnya.

Dari aksi para pelaku, mereka berhasil memperdayai korban hingga ratusan juta rupiah. "Bahkan ada yang terkena dalam bentuk dollar dan jika dirupiahkan mencapai ratusan juta," ungkap Agus.

Dalam menjalankan aksinya, para korban selalu diajak ke sebuah hotel untuk diperdayai dan uang korban dibawa lari.

Agus menambahkan pihaknya terus mengembangkan kasus penipuan berkedok sebagai tokoh agama yang mampu menggandakan uang ini. "Masih ada beberapa kelompok dengan modus penipuan yang sama dan masih kita kejar," pungkasnya.
(ze/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed