DetikNews
Senin 23 April 2018, 16:05 WIB

Pilgub Jatim 2018

Datangi Desa Kreatif, Puti Guntur Borong Telur Asin dan Kecap

Eko Sudjarwo - detikNews
Datangi Desa Kreatif, Puti Guntur Borong Telur Asin dan Kecap Puti Guntur Borong Telur Asin dan Kecap/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Cawagub nomor urut dua, Puti Guntur kembali mengunjungi Lamongan. Kali ini, Mbak Puti memborong telur asin dan kecap berbahan dasar ikan hasil kreasi warga.

Saat di Desa Tawangrejo, Kecamatan Turi, selain memborong telur asin dan kecap berbahan ikan, Puti juga menyempatkan diri cara pembuatan kecap berbahan dasar ikan.

"Kami bersama Gus Ipul punya program khusus "superstar" untuk UMKM, kami bertekad untuk menjadikan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Jatim naik kelas. Sebab, UMKM salah satu faktor penopang ekonomi terbesar di Jatim," kata cucu Bung Karno ini, Senin (23/4/2018).

Puti mengaku ada empat syarat yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas UMKM. Di antaranya riset pasar, permodalan, teknologi dan kualitas SDM. Riset, kata Puti, dibutuhkan untuk tahu tren pasar sehingga perajin memahami desain produk yang diminati konsumen, termasuk pemasarannya juga difasilitasi secara nasional dan internasional.

Untuk permodalan, Puti menyatakan, telah disiapkan program pinjaman murah untuk UMKM. "Terkait teknologi, UMKM perlu difasilitasi agar kerjanya efektif dan efisien," jelas Puti.

Dalam kunjungan ke Desa Tawangrejo ini, Puti juga memuji hasil potensi desa tersebut. "Potensi berbasis desa semacam ini harus didukung dan supaya BUMdes. Juga didorong untuk lebih memperkuat ekonomi desa agar UMKM bisa berkembang dan maju," ungkapnya.

Selain berkunjung ke Desa Tawangrejo, Puti sebelumnya juga berkunjung ke MPS Brondong, Kecamatan Brondong. Di hadapan buruh rokok ini, Puti berjanji akan meningkatkan taraf hidup buruh di Jatim. Kedatangannya mendapat sambutan hangat dari pekerja. Mereka bahkan berebut bersalaman dan berdialog dengan Puti Guntur. Tak jarang dari para pekerja mengajak selfie.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed