DetikNews
Minggu 22 April 2018, 17:10 WIB

Klaim Ahli Waris, Empat Warga Segel Gedung SMP di Jember

Yakub Mulyono - detikNews
Klaim Ahli Waris, Empat Warga Segel Gedung SMP di Jember SMP Negeri 3 Tanggul disegel/Foto: Yakub Mulyono
Jember - Empat warga Jember menyegel SMP Negeri 3 Tanggul. Mereka mengklaim sebagai ahli waris atas tanah yang ditempati bangunan sekolah tersebut.

Warga Dusun Krajan, Desa Tanggul Wetan, Kecamatan Tanggul, itu menutup pagar gerbang sekolah menggunakan rantai dan digembok. Selain itu, mereka juga memasang tulisan berisi bahwa tanah yang ditempati bangunan SMPN 3 Tanggul merupakan tanah milik almarhum Harsono.

"Ini sebagai bentuk respon karena mereka menyangsikan bahwa kami merupakan ahli waris yang sebenarnya. Sehingga kita tunjukkan hari ini kita melakukan penyegelan," kata perwakilan ahli waris, Ivan, Minggu (22/4/2018).

Dia menegaskan, ahli waris tidak mempersoalkan mengenai keberadaan bangunan sekolah. Yang menjadi atensi adalah masalah kepemilikan tanah yang ditempati bangunan tersebut.

"Karena tanah yang dibangun sekolah SMPN 3 Tanggul ini merupakan tanah milik ahli waris," terang Ivan.

Kepemilikan tanah itu, lanjut Ivan, dibuktikan dengan sertifikat hak milik (SHM) 881 tahun 1996. Dan sampai saat ini belum ada data otentik yang menyatakan bahwa tanah seluas 6.200 meter persegi itu dijual atau pun dihibahkan untuk bangunan sekolah.

"Kalau mereka punya bukti otentik mengenai kepemilikan tanah ini ya monggo, ayo kita adu," tegas Ivan.

Menurut suami dari ahli waris Dyah Wahyuningtyas ini, penyegelan terpaksa dilakukan karena mediasi tidak membuahkan hasil. Berkali-kali dilakukan pertemuan namun tidak ada titik temu.

"Berkali-kali kami hanya diberi janji. Katanya seminggu akan diselesaikan. Tapi janji itu tak terbukti. Bahkan mereka malah sangsi bahwa kami ini merupakan ahli waris yang sah. Ya sudah terpaksa kami lakukan penyegelan ini," tandas Ivan.

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, Ghozali belum berhasil dimintai keterangan. Saat nomor HP-nya dihubungi, yang bersangkutan mengaku sedang rapat.

"Saya sedang rapat, nanti saja saya telepon balik," ujarnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed