DetikNews
Sabtu 21 April 2018, 16:37 WIB

Tersangka Nekat Mau Tenggak Miras, Buktikan Produknya Tak Bahaya

Ardian Fanani - detikNews
Tersangka Nekat Mau Tenggak Miras, Buktikan Produknya Tak Bahaya Di depan polisi, tersangka nekat hendak menenggak miras yang dijualnya. (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
FOKUS BERITA: Maut Miras Oplosan
Banyuwangi - Polres Banyuwangi berhasil menangkap Soleh (46), warga Lingkungan Cungking, Kelurahan Mojopanggung, Kecamatan Giri, Banyuwangi. Soleh mengaku tak menyesal menjual miras oplosan yang menyebabkan kematian banyak korban itu.

Pengakuan tersebut terjadi saat digelar rilis di Mapolres Banyuwangi, Sabtu (21/4/2018).

"Bagaimana saya menyesal. Lah wong saya jual miras ini tidak berbahaya. Saya sempat melakukan pengukuran kadar alkohol. Cuma 24 persen alkoholnya," ujarnya.


Bahkan, Soleh sempat akan meminum miras oplosan dalam botol bertutup merah yang diduga adalah miras oplosan yang dijualnya. Namun dicegah oleh Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman yang ada disampingnya.

Menurut Soleh, miras oplosan itu tak diproduksi sendiri melainkan dibeli dari distributor lain. Soleh mengaku hanya menjual kembali sejak 3 bulan yang lalu.

"Sudah saya laporkan ke yang berwajib. Saya akan kooperatif," pungkasnya.


Polres Banyuwangi menangkap Soleh (46), warga Lingkungan Cungking, Kelurahan Mojopanggung, Kecamatan Giri Banyuwangi. Diduga, Soleh merupakan penjual miras oplosan jenis arak Bali yang menyebabkan kematian 7 orang selama bulan April 2018 ini.

Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman menunjukkan miras yang beredarKapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman menunjukkan miras yang beredar Foto: Ardian Fanani/detikcom
"Kita tangkap di Bondowoso. Sebelumnya sempat melarikan diri ke Jember dan Situbondo. Ini yang kita duga menjual arak yang berbahaya itu," ujar Kapolres Banyuwangi, AKBP Donny Adityawarman kepada detikcom, Sabtu (21/4/2018).

Penangkapan tersangka ini, kata Kapolres Donny, setelah adanya penyelidikan kematian Supongo, warga Banyuwangi yang meninggal setelah menenggak miras oplosan bersama dengan Eko Budianto dan Slamet Hadi. Kedua orang yang selamat dari pesta miras ini kemudian dikorek keterangannya.
(trw/trw)
FOKUS BERITA: Maut Miras Oplosan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed