Ini Strategi Orangtua Saat Anak Melek Teknologi

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 18 Apr 2018 15:26 WIB
Foto: Istimewa
Surabaya - Mengasuh anak di tengah kemajuan teknologi dapat berpengaruh pada perilakunya. Menurut psikolog anak Roslina Verauli dalam Citi Parenting Talk Show di SDN 1 Ketintang, orangtua tidak harus bersikap menolak dan melarang total anak terhadap teknologi.

"Jika itu terjadi, anak malah bertambah rasa ingin tahunya karena adanya larang tersebut. Akan sangat dikhawatirkan anak bisa mencari akses teknologi secara diam-diam dan terpapar informasi negatif yang tak diinginkan," kata Vera, panggilan akrabnya dalam Citi Parenting Talk Show di SDN 1 Ketintang, Rabu (18/4/2018).

Dia mencontohkan konten-konten yang berbau pronografi, hingga situs-situs yang berbau sara dan kebencian.

Vera menyampaikan para orang tua murid tidak perlu membatasi mereka menggunakan gadget. Namun bagaimana cara komunikasi antara orang tua dan anak dengan strategi pendekatan jitu.

"Saya rasa tidak bisa ya, jika orang tua menyuruh anaknya menghindari gadgetnya. Bila smartphone semakin pintar, maka orangtua pun harus juga harus semakin bijak menyikapi tumbuh kembang anak. Orang tua harus melek gadget di tengah pesatnya perkembangan teknologi," ujar Vera.

Sementara menurut dia, peran aktif seluruh pihak sangat dibutuhkan untuk menyiasati penggunaan teknologi yang dapat berdampak buruk bagi pola perilaku dan kesehatan mental anak-anak.

Namun, Vera mengingatkan penggunaan teknologi seperti komputer juga harus dibatasi.

"Jangan berikan kebebasan pada penggunaan teknologi dengan menempatkan komputer atau gadget di ruang privasi anak," tegasnya. (fat/fat)