DetikNews
Kamis 19 April 2018, 16:24 WIB

Nyaru Anggota Polisi, Pria Ini Tipu Warga yang Kehilangan Truk

Yakub Mulyono - detikNews
Nyaru Anggota Polisi, Pria Ini Tipu Warga yang Kehilangan Truk Pelaku penipuan di Jember/Foto: Yakub Mulyono
Jember - Nyaru sebagai anggota polisi dan menipu, M. Imam Safii (46) harus berurusan dengan hukum, Warga Kelurahan Wirolegi, Kecamatan Sumbersari, itu ditangkap Polsek Tempurejo setelah dilaporkan menipu Warisin (39), warga Dusun Mandilis, Desa Sanenrejo, Kecamatan Tempurejo.

"Tersangka kita tangkap menindaklanjuti laporan korban yang mengaku ditipu hingga Rp 7,5 juta," kata Kapolsek Tempurejo AKP Suhartanto, Kamis (19/4/2018).

Modus penipuan yang dilakukan tersangka yakni berpura-pura menjadi anggota polisi. Selanjutnya dia mendatangi korban yang sebelumnya kehilangan truk.

"Kepada korban, tersangka mengaku sebagai anggota polisi dan sanggup menemukan truk korban yang sebelumnya hilang. Saat itu, tersangka minta uang Rp 5 juta. Korban pun memberikannya," ujar Suhartanto.

Beberapa minggu kemudian, tersangka datang lagi dan mengatakan posisi truk sudah diketahui. Namun untuk mengambilnya, tersangka minta uang Rp 2,5 juta. Lagi-lagi korban memberikan uang sebesar yang yang diminta tersangka.

"Namun setelah itu tersangka ini tidak ada kabar. Tersangka juga sulit dihubungi. Bahkan HP-nya tidak lagi aktif. Merasa telah ditipu, korban akhirnya melapor ke kami," kata Suhartanto.

Menindaklanjuti laporan itu, polisi langsung melakukan lidik. Hasilnya, tersangka berhasil ditangkap.

"Kita tangkap kemarin sore. Saat ini masih kita mintai keterangan. Kita juga mengamankan ikat pinggang berlogo Polri sebagai barang bukti," tandas Suhartanto.

Dia menambahkan, tersangka merupakan residivis dengan kasus serupa. Bahkan modusnya juga sama, yakni menyaru sebagai anggota polisi. "Saat itu dia divonis hakim dengan 8 bulan penjara," pungkas Suhartanto.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed