Yihaa, Becak Pun Bisa Adu Ketangkasan

Charolin Pebrianti - detikNews
Rabu, 18 Apr 2018 16:12 WIB
Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Hari ini Alun-alun Ponorogo disulap menjadi ajang 'drag race'. Di tengah lajur juga disiapkan beberapa rintangan. Di lapangan yang sama, ratusan becak bersiap di pinggir 'arena' untuk unjuk kebolehan. Kebolehan apa ya?

Rupanya lajur khusus ini dipersiapkan untuk lomba ketangkasan becak. Begitu aba-aba start dimulai, para pengemudi becak melaju dengan kecepatan tinggi lalu meliuk-liuk melewati rintangan yang membentang di hadapan mereka.

Ada yang sangat tangkas mengendalikan becaknya, ada pula yang hampir terjatuh saat berupaya mengendarai becak secara zig zag.

Yihaa, Becak Pun Bisa Adu KetangkasanFoto: Charolin Pebrianti

Tak tanggung-tanggung, pemenangnya memperebutkan Kapolres Cup 2018 serta hadiah jutaan Rupiah. Sorak sorai penonton pun makin membuat suasana lomba terasa seru.

Kapolres Ponorogo, AKBP Radiant mengaku sengaja menggelar lomba ketangkasan becak ini untuk mengajak pengemudi becak agar taat berlalu lintas.

"Lomba ketangkasan dan keahlian tertentu dalam mengemudikan becak, supaya mereka bisa lebih semangat," terang AKBP Radiant kepada detikcom, Rabu (18/4/2018).

Lomba ini diikuti sedikitnya 380 pengemudi becak. Salah satunya Kateno (62).

Yihaa, Becak Pun Bisa Adu KetangkasanFoto: Charolin Pebrianti

"Saya senang dengan adanya lomba becak ini. Selain menjalin silaturahmi juga supaya lebih kenal dengan polisi," tuturnya.

Bapak tiga anak ini juga berharap lomba ketangkasan becak ini bisa menjadi ajang wisata baru di Ponorogo. Dengan begitu, becak di Ponorogo dapat diberdayakan.

"Semoga acara seperti ini ada terus, pun becak bisa menjadi mitra dengan dinas Pariwisata untuk peningkatan taraf hidup kami," tegas warga Kauman ini.


AKBP Radiant menambahkan, kegiatan ini juga digelar sebagai bentuk sosialisasi pelarangan bentor. Sesuai dengan UU No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, bentor terbukti melakukan pelanggaran karena tidak sesuai dengan spek asli.

"Merubah bentuk motor itu sudah melanggar undang-undang lalu lintas sehingga kami mengarahkan kepada pengemudi supaya mengunakan becak kayuh. Kalau bentor terjadi kecelakaan tidak terjamin asuransi," tandasnya.

Selain lomba ketangkasan becak, ada pula lomba becak hias, stand pengobatan gratis, pelayanan SIM keliling serta pembagian sembako.

Yihaa, Becak Pun Bisa Adu KetangkasanFoto: Charolin Pebrianti
(lll/lll)