12 Ribu Warga Blitar Pakai Suket Khusus untuk Nyoblos

Erliana Riady - detikNews
Rabu, 18 Apr 2018 10:44 WIB
KPU Kabupaten Blitar/Foto: Erliana Riady
Blitar - 12 Ribu warga Kabupaten Blitar akan gunakan surat keterangan khusus (SKK) saat pilkada Juni mendatang. Jumlah itu yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), namun belum melakukan perekaman e -ktp.

"KPU Kabupaten Blitar telah koordinasi dengan dispendukcapil menindaklanjuti surat edaran Kemendagri terkait Surat Keterangan Khusus (SKK). SKK ini diberikan bagi warga yang namanya telah masuk DPT dan datanya sudah tersimpan di database dukcapil, namun belum melakukan perekaman e-ktp," jelas Ketua KPU Kabupaten Blitar Imron Nasifa saat dikonfirmasi, Rabu (18/4/2018).

Imron juga menjelaskan, jika SKK ini tidak untuk mengurus kepentingan yang lain. Pemberian SKK akan dilakukan pasca tanggal 20 Mei. Ini setelah dari jumlah 12 ribu itu kemungkinan akan berkurang setelah mereka melakukan perekaman e ktp.

"Begitu tanggal 20 Mei ternyata masih ada yang belum melakukan perekaman e ktp, maka dispendukcapil akan memberikan surat keterangan khusus tersebut," beber Imron.

Imron menambahkan, saat ini pihaknya masih menunggu warga yang akan melakukan perekaman e-ktp. Sementara, 17 April lalu telah ditetapkan DPT sebanyak 936.896 pemilih yang tersebar di 22 kecamatan.

Angka ini berkurang sebanyak 10.452 dari DPS sebanyak 944.999. Berkurangnya jumlah daftar pemilih ini karena tidak memenuhi syarat.

"Data yang tidak memenuhi syarat itu terdiri laki-laki sebanyak 5.081 dan wanita sebanyak 5.371 pemilih. Namun juga ada data tambahan sebanyak 2.349 pemilih," pungkasnya. (fat/fat)