DetikNews
Selasa 17 April 2018, 18:39 WIB

Heboh Temuan Batu Yoni oleh Warga, Ini Tanggapan Bupati Ponorogo

Charolin Pebrianti - detikNews
Heboh Temuan Batu Yoni oleh Warga, Ini Tanggapan Bupati Ponorogo Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Penemuan batu Yoni oleh Mbah Sikin (75) warga Dusun Tumpuk, Desa Kemiri, Kecamatan Jenangan mengejutkan warga. Tak terkecuali orang nomor satu di Kabupaten Ponorogo.

"Mungkin nanti kita bikin lembaga situs, masih belum saya pikirkan," tutur Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni saat ditemui di Pringgitan, Selasa (17/4/2018).


Namun Ipong mengaku bakal mengusulkan adanya tim dari Seksi Kepurbakalaan dalam Dinas Pariwisata yang ditugaskan untuk menginventarisasi batu-batu bersejarah yang ditemukan oleh warga.

"Jujur saya belum memikirkan soal benda-benda bersejarah ini. Nanti saya pelajari dulu baiknya gimana," terangnya.


Ipong juga berjanji bakal membuat konsep untuk pendanaan situs purbakala ini. Hal ini dikarenakan terkait situs purbakala, pemerintah kabupaten belum memiliki 'cantolan' terkait anggaran.

"Saya nanti bikin konsepnya apa yang harus dilakukan untuk dukungan pendanaan ini, tentu kita ikuti dengan peraturan yang ada," papar Ipong.

Di sisi lain, Ipong juga berjanji akan memberikan santunan kepada para penemu benda bersejarah dan merawatnya. Hanya saja ia belum bisa menentukan besaran santunan tersebut karena masih mencari peraturan yang mewadahi penemuan benda bersejarah.


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed