DetikNews
Selasa 17 April 2018, 17:17 WIB

Tinjau Renovasi Monumen Perjuangan Polri, Ini Keinginan Kapolda

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Tinjau Renovasi Monumen Perjuangan Polri, Ini Keinginan Kapolda Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Satu-satunya monumen polisi di Surabaya yakni Monumen Perjuangan Polri kini sedang direnovasi. Perbaikan ini dilakukan guna menambah keindahan monumen untuk mengenang perjuangan polri dalam membantu meraih kemerdekaan.

"Renovasi ini dilakukan supaya lebih baik lagi dan punya nilai untuk memberikan sumbangsih pada keindahan kota Surabaya. Surabaya kan sudah tertata dengan baik," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin saat melakukan sidak di Monumen Perjuangan Polri, Jalan Polisi Istimewa, Surabaya, Selasa (17/4/2018).

Ide renovasi ini sendiri muncul setelah melihat kondisi monumen yang sudah tak terawat. Seperti monumen yang nampak kumuh, dengan nama dinding di marmer yang sudah berlumut dan warna lantai yang memudar.

"Kalau dulu lihat kumuh banget, ibarat hidup segan mati tak mau. Nama dindingnya dari marmer yang lokalan tapi sudah berlumut," tambah jenderal bintang dua ini.

Menanggapi kondisi ini, Machfud pun memiliki komitmen untuk menata dan mengelola monumen kebanggaan anggota Polri ini. Selain itu, upaya ini dilakukan guna mengenang jasa pahlawan di kepolisian, yakni M. Yasin yang turut memperjuangkan kemerdekaan.

"Ini adalah monumen perjuangan M Yasin yang kini menjadi pahlawan nasional. Dulu beliau memperjuangkan dan membantu pada momen 10 November di Surabaya," papar Machfud.

Untuk renovasinya sendiri, Machfud menyoroti banyak hal, di antaranya tata letak tanaman atau pohon di area monumen, serta tata lampu dan dekorasinya. Machfud juga ingin ada penggantian lantai dan tambahan pagar besi atau pagar dengan tanaman.

"Jadi nanti untuk yang lewat sini, bisa menengok ke kiri dan melihat monumen ini lebih bagus agar ingat perjuangan Polri," harap Machfud.

Machfud berharap renovasi monumen ini bisa lekas selesai. "Ya semoga dalam sebulan sudah selesai dan bisa diresmikan sebelum puasa," tutupnya.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed