DetikNews
Selasa 17 April 2018, 15:05 WIB

Pilgub Jatim 2018

Khofifah Hibur Penderita Kanker di Surabaya

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Khofifah Hibur Penderita Kanker di Surabaya Khofifah datangi anak-anak penderita kanker/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Cagub Jatim Khofifah Indar Parawansah menitikkan air mata karena iba melihat perjuangan anak-anak dan para orang tua yang tetap semangat untuk sembuh. Khofifah datang ke Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Surabaya dan menyanyikan lagu seperti 'Jangan Menyerah'.

Ini untuk menghibur anak-anak dan orang tua yang mendampingi, karena sudah berbulan-bulan tinggal di rumah singgah yang dikelola oleh swasta itu.

"Ini merupakan rumah singgah yang sangat spesifik yang memberikan layanan kepada anak-anak yang kebetulan menderita kanker dan tumor. Ini jug merupakan kemitraan yang luar biasa yang dikelola oleh swasta," kata Khofifah saat berkunjung di Rumah singgah YKAI di Jalan Karang Menjangan, Selasa (17/4/2018).

Menurut Khofifah, yayasan kanker ini swadaya murni yang mensupport para orang tua yang sedang menemani anak-anaknya yang kesehariannya mendapat pengobatan di dua rumah sakit yakni RSU dr Soetomo dan Graha Amerta. Khofifah berharapkan bahwa Pemrov bisa menyiapkan rumah singgah seperti halnya yang dikelola oleh YKAKI Surabaya

"Bayangan saya Pemprov bisa memiliki tempat serupa. Mungkin tidak seindah ini. Sebab tempat ini sangat komprehensif menurut saya tempatnya juga cukup rapi,bersih," ujar Khofifah.

Selama menjadi Mensos, Khofifah menceritakan pengalamannya terkait problem BPJS yang saat layanan kesehatan lebih dari seminggu mereka butuh rumah tinggal. Maka mereka membutuhkan rumah untuk singgah, karena tidak semua pasien memiliki saudara atau kerabat yang berdekatan de rumah sakit.

"Tidak semuanya memiliki biaya untuk kontrak. Maka sebetulnya rumah singgah bisa memberikan layanan terpadu dengan keluarga yang sedang dirawat di rumah sakit itu menjadi penting," kata Khofifah.

Khofifah juga mendapati beberapa kepala daerah di bebagai kabupaten dan kota ada yang memiliki rumah singgah yang berdekatan dengan RSU dr Soetomo. Karena bisa menjadikan penguatan kesehatan yang ada di rumah sakit.

"Akan tetapi yang menunggu juga membutuhkan tempat untuk singgah, karena mereka yang menunggu juga harus sehat selama menunggu pengobatan kepada anak-anaknya yang tengah berjuang melaan kanker," ujar Khofifah.

Khofifah juga memanjatkan doa agar anak-anak yang tengah menderita kanker terus diberi kekuatan.

Sementara Ketua Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Anisah Mahsunharun mengatakan sangat senang dengan kunjungan Khofifah yang memberikan support dan moril kepada anak-anak dan para oarang tua yang sedang singgah dan rehabilitasi di rumah singgah yang ia kelola secara swadaya.

"Di sini sangat membutuhkan support banyak orang. Anak-anak yang tinggal di sini mulai usia dini hingga usia 18 tahun, setiap hari fluktuatif. Ada yang langsung pulang dan ada yang berbulan-bulan tinggal di sini. Selain itu kami jug memberikan pendampingan setelah pengobatan," tandasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed