DetikNews
Selasa 17 April 2018, 09:46 WIB

Green Gumuk Candi, Destinasi Wisata di Perbukitan yang Instagramable

Ardian Fanani - detikNews
Green Gumuk Candi, Destinasi Wisata di Perbukitan yang Instagramable Menikmati kopi dengan pemandangan perbukitan setinggi 650 mdpl. (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Green Gumuk Candi (GGC) menjadi salah satu destinasi wisata baru di Banyuwangi yang cukup diperhitungkan. Tempat ini menawarkan pemandangan perbukitan setinggi 650 meter dari permukaan air laut (mdpl).

Lokasi GCC tak jauh dari pusat kota Banyuwangi, tepatnya di Kecamatan Songgon atau hanya sekitar 30 menit berkendara dengan motor maupun mobil.

Di GGC, wisatawan bisa melihat birunya laut Bali di sisi timur. Selanjutnya berjajar pegunungan seperti Gunung Raung dan Ranti di sebelah barat. Sementara di selatan juga terlihat pegunungan Tumpangpitu yang letaknya di Kecamatan Pesanggaran.

"Kami suguhkan pemandangan Banyuwangi dari atas bukit. Bisa lihat hijaunya pemandangan Banyuwangi dari sini," ujar Dani Wahyudi, Manager GGC kepada detikcom, Selasa (17/4/2018).

Green Gumuk Candi, Destinasi Wisata di Perbukitan yang InstagramableFoto: Ardian Fanani

Diakui Dani, perlu perjuangan ekstra untuk mencapai lokasi wisata tersebut. "Ada 265 anak tangga untuk naik. Tapi bagus untuk kesehatan," tambahnya.

Namun, begitu sampai di lokasi, rasa lelah setelah menaiki ratusan tangga terbayar dengan keindahan alam yang terpampang indah di depan mata.

Green Gumuk Candi, Destinasi Wisata di Perbukitan yang InstagramableFoto: Ardian Fanani

Tak hanya itu, disana juga disediakan spot-spot swafoto menarik, seperti rumah pohon ataupun arsitektur bambu dengan latar belakang pemandangan gunung atau hamparan pohon-pohon hijau. Bahkan konon pemandangan di GGC paling saat sunrise (matahari terbit) dan sunset (matahari tenggelam) adalah yang terindah.

"Karena pemandangan bisa dilihat 360 derajat. Sunset dan sunrise bagus disini. Hamparan pohon pinus, durian dan cengeng milik perkebunan juga menarik disini," tambah pria yang mengaku asli Songgon tersebut.


Selain itu, wisatawan juga dimanjakan wahana sepeda udara dengan ketinggian 15 meter dari tanah. "Jaraknya cukup panjang. Sekitar 30 meter," lanjut Dani.

Tak usah takut lapar atau haus sebab GGC juga dilengkapi kafe yang menyediakan kuliner khas Banyuwangi. Mulai dari pepes oling, belut dan lalapan serta minuman khas seperti jus durian dan es kelapa muda.

Khusus hari Sabtu dan Minggu, GGC menyediakan tokoh pewayangan yang siap diajak berswafoto bersama pengunjung semisal Gatotkaca, Srikandi dan masih banyak lagi. "Kita sediakan gratis khusus wisatawan yang datang ke Green Gumuk Candi," imbuhnya.

Untuk menikmati keindahan GGC, wisatawan hanya perlu merogoh kocek Rp 5.000 untuk tiket masuk, sementara tarif parkir hanya dipatok Rp 2.000.

Candra, wisatawan asal Jember mengaku takjub dengan pemandangan indah GGC. Bahkan bila dibandingkan dengan lokasi lain, Candra mengaku GGC lebih instragramable.

"Mau foto dengan latar laut bisa. Mau foto dilatar belakang gunung juga pas. Lebih suka saat sunset. Berangkat siang terus sore masih disini bagus mataharinya," ujarnya.

Green Gumuk Candi, Destinasi Wisata di Perbukitan yang InstagramableFoto: Ardian Fanani


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed