DetikNews
Senin 16 April 2018, 19:55 WIB

Pesan Kapolrestabes Surabaya ke Mahasiswa: Cerna Informasi Hoax

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Pesan Kapolrestabes Surabaya ke Mahasiswa: Cerna Informasi Hoax Kapolrestabes Surabaya di seminar kampus Unitomo/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan mengimbau mahasiswa di Kota Pahlawan tetap melakukan penalaran untuk mencerna informasi yang ada. Sebab, luasnya lahan informasi di internet, tidak bisa serta merta dikonsumsi secara langsung.

"Kita harus tetap menjaga keamanan dan keharmonisan masyarakat Surabaya untuk bangsa ini. Menyikapi informasi hoax, sebagai kaum intelektual kita harus cerdas memilah informasi yang ada," kata Rudi saat seminar bertema "Peran dan Tantangan Generasi Milenial dalam Menyikapi Perang Informasi" di Auditorium Ki Moh Saleh Universitas Dr Soetomo (Unitomo), Senin (16/4/2018).

Seminar yang digelar BEM Unitomo ini diikuti 400 mahasiswa dari berbagai kampus di Surabaya. Selain Kapolrestabes Surabaya, anggota Komisi I DPR RI Supiadin Aries Saputra juga menjadi narasumber.

Anggota Komisi I DPR RI, Supiadin Aries Saputra dalam paparannya mengaku kaum milineal harus bisa membicarakan pemanfatan teknologi informasi sebagai terobosan positif di bidang komunikasi, sosial dan ekonomi.

"Dewasa ini perkembangan dunia IT dan kecerdasan buatan, serta e-commerce bisa memicu penutupan pusat-pusat belanja dan memunculkan pengangguran baru. Kalau tak diantisipasi bisa berbahaya juga bagi kehidupan bangsa dan negara, terutama di era MEA," kata purnawirawan Mayor Jendral TNI ini.

Kapolrestabes Surabaya di seminar kampus Unitomo/Kapolrestabes Surabaya di seminar kampus Unitomo/ Foto: Deny Prastyo Utomo


Sementara Rektor Unitomo Bachrul Amiq sangat mengapresiasi kegiatan ini. Sebab saat ini banyak berita yang tidak didasari kebenaran faktanya.

"Informasi yang kita peroleh melalui internet sekarang ini sangat gampang, saking gampangnya kita tidak tau informasi tersebut benar atau hoax," ujar doktor bidang hukum ini saat memberikan sambutan.

Seminar yang digelar di kampus seribu pilar ini adalah sebagai wujud kepedulian mahasiswa Unitomo dengan semakin maraknya informasi di media internet yang mengarah ke disintegrasi bangsa.

"Kami ingin teman-teman mahasiswa lainnya sebagai generasi milenial harus paham betapa banyak informasi terkini yang beredar di medsos bila dibiarkan akan mengganggu stabilitas bangsa Indonesia," ungkap Presiden BEM Unitomo Wahyudi Ajar Pranoto.

Pada akhir seminar ratusan mahasiswa dan sejumlah BEM se Kota Surabaya yang turut hadir juga mendeklarasikan tentang pilkada damai dan melalui gerakan anti-hoax.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed