DetikNews
Kamis 12 April 2018, 08:59 WIB

Pameran Lukisan Kupu-kupu Semarakkan Hari Kartini di Surabaya

Suryaman Candi - detikNews
Pameran Lukisan Kupu-kupu Semarakkan Hari Kartini di Surabaya Foto: Suryaman Candi
Surabaya - Sejumlah seniwati (pelukis wanita) dari Komunitas Seni Fitriart berkumpul memamerkan lukisannya di lobi Hotel Singgasana, Rabu (11/4) sore. Sesuai dengan tajuk acaranya, yaitu 'Metamorfosis', lukisan pun didominasi gambar kupu-kupu.

Ida Fitriah selaku ketua panitia menuturkan, kupu-kupu memiliki filosofi yang mendalam dan bagi seorang seniman, kupu-kupu dapat memberikan inspirasi yang dapat dituangkan ke atas kanvas.

"Kupu-kupu itu kan indah ya, bisa hidup, mati dan ada kebangkitan lagi. Sama halnya manusia. Makanya disini pelukisnya dari anak-anak sampai nenek-nenek juga ada, dari umur 17 sampai 75 tahun," ujar Fitriah kepada detikcom, Kamis (12/4/2018).

Ida menambahkan, pameran ini sengaja dibuat tematik. Untuk tahun ini, kupu-kupu dijadikan tema utama pameran yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Kartini ini. Lukisan-lukisan yang dipamerkan dalam acara ini juga merupakan hasil karya pelukis berbagai daerah di Jawa Timur.

Pameran Lukisan Kupu-kupu Semarakkan Hari Kartini di SurabayaFandi Utomo menggoreskan kanvas sebagai simbol resmi dibukanya pameran lukisan 'Metamorfosis'. (Foto: Suryaman Candi)

Acara ini rupanya menarik perhatian salah seorang anggota DPR RI, Fandi Utomo. Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini mengaku sangat menyukai seni. Ia pun mengaku sangat terinspirasi dengan acara ini.

"Ini sangat menginspirasi, sangat bisa menginspirasi wanita-wanita di Indonesia, terutama dalam hal berekspresi. Seperti contohnya ini, berekspresi melalui lukisan," tandas Fandi.

Fandi juga berharap gencarnya pameran seni seperti ini dapat mengangkat sektor pariwisata, bahkan mengangkat budaya Indonesia ke tingkat internasional.

"Saya mengimbau untuk semua sektor pariwisata, tidak hanya hotel, untuk bisa memberikan fasilitas kepada exhibition semacam ini," tegasnya.

Pameran Lukisan Kupu-kupu Semarakkan Hari Kartini di SurabayaFoto: Suryaman Candi

Salah satu lukisan yang menarik adalah 'Imago', hasil karya Paulona Soesri Handajani. Ia melukis kepompong yang sedang menetas. Lukisan itu bukan tanpa arti, tapi ada filosofi yang ditanamkan di dalamnya. Menurutnya, lukisan tersebut bermakna perubahan bahwa wanita sekarang tidak boleh gentar terhadap perubahan, melainkan harus terbuka menghadapinya.

"Ini kan imago. Yaitu kepompong yang berubah jadi kupu-kupu. Begitu juga wanita, harus tegar, kuat menerima perubahan," terang Paulina.

General Manager Hotel Singgasana, Budhy Guntur Iriansah mengaku sangat terkesan dengan tema ini. Baginya, kupu-kupu adalah tema yang unik dan harus dilihat oleh generasi muda. Ia juga berharap melalui pameran ini, generasi milenial bisa lebih peduli terhadap seni.

"Temanya ini bagus sekali. Sangat unik. Ini sekaligus mengingatkan kepada generasi berikutnya untuk lebih peduli seni, tidak hanya Android Android Android terus," tuturnya

Pameran berlangsung di lobi Hotel Singgasana hingga tanggal 10 Mei 2018. Pengunjung tak hanya dapat menikmati keindahan lukisan-lukisan tersebut, tetapi juga dapat membelinya.

Pameran Lukisan Kupu-kupu Semarakkan Hari Kartini di SurabayaPara pelukis yang ambil bagian dalam pameran 'Metamorfosis'. (Foto: Suryaman Candi)

(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed