Ditinggal Makan, Mobil yang Diparkir di Pom Bensin Dilalap Api

Chuk S. Widarsha - detikNews
Rabu, 11 Apr 2018 15:05 WIB
Foto: Chuk S. Widarsha
Foto: Chuk S. Widarsha
Bondowoso - Sebuah mobil Daihatsu Espass terbakar hangus sesaat setelah mengisi bahan bakar di SPBU Desa Cindogo, Tapen, Kabupaten Bondowoso.

Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta. Sebab, selain melalap mobil kejadian ini juga meluluhlantakkan sebuah kios pengisian ban nitrogen yang berada di dekatnya.

Menurut keterangan sejumlah saksi mata, kejadian ini bermula saat mobil itu mengisi BBM di SPBU Desa Cindogo, Tapen. Setelah terisi, mobil diparkir di seputar halaman SPBU karena pemiliknya bermaksud mencari warung makan terdekat.

Sesaat setelah diparkir, mesin mobil yang kemudian diketahui milik Latifa, warga Jalan Diponegoro, Bondowoso mengeluarkan percikan api. Hanya dalam hitungan menit, api makin membesar dan langsung melalap seluruh body mobil tersebut.

Ditinggal Makan, Mobil yang Diparkir di Pom Bensin Dilalap ApiFoto: Chuk S. Widarsha

"Awalnya mobil itu ya ngisi biasa. Setelah diisi, mobil itu lalu parkir di dekat pengisian nitrogen itu. Lalu, ibu itu sama sopirnya keluar, menuju warung," kisah Syaiful Rizal (32), salah seorang saksi mata yang juga karyawan SPBU.

"Setelah itu, tiba-tiba ada percikan dari mobil itu. Lalu saya lari ngambil tabung pemadam. Tapi api sudah besar. Terus terdengar beberapa kali ledakan kecil. Api makin membesar. Teman-teman makin tak berani mendekat," lanjutnya.

Ditinggal Makan, Mobil yang Diparkir di Pom Bensin Dilalap ApiFoto: Chuk S. Widarsha

Bahkan, sejumlah saksi mata menuturkan saat kejadian, mobil itu sempat mengeluarkan ledakan hingga empat kali. "Kalo gak salah, ada kalau 4 kali ledakan dari mobil itu. Mungkin dari tangkinya juga," tambah Syaiful.

Dengan menggunakan peralatan seadanya, petugas SPBU dibantu sejumlah warga sekitar sempat berusaha memadamkan kebakaran tersebut. Namun upaya itu tak membuahkan hasil.

Kapolsek Tapen AKP Yudha Laksana mengungkapkan, pihaknya hingga saat ini tengah menyelidiki kejadian tersebut. Pemilik mobil dan sejumlah saksi mata yang berada di sekitar kejadian juga telah dimintai keterangan.

"Kami masih menyelidiki secara mendalam. Termasuk potensi kesengajaan, kelalaian atau murni musibah," tandas Yudha.

(lll/lll)