detikNews
Rabu 11 April 2018, 09:42 WIB

Derita Pria di Jombang yang 5 Tahun Sakit Kanker Tiroid

Enggran Eko Budianto - detikNews
Derita Pria di Jombang yang 5 Tahun Sakit Kanker Tiroid Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang - Selama lima tahun terakhir, Sukadi (46) harus menanggung derita karena kanker tiroid (kelenjar getah bening) yang dideritanya. Kanker ini mengakibatkan benjolan besar di leher kanannya.

Warga Dusun Kedung Boto, Desa Podoroto, Kesamben, Jombang mengaku selalu merasa kesakitan pada leher kanannya yang membengkak.

"Sudah lima tahun, rasanya sakit. Kalau kecapekan sesak nafas," katanya kepada wartawan, Rabu (11/4/2018).

Kanker yang menggerogoti tiroidnya ini pun sudah cukup besar. Benjolan itu menjalar hingga leher sisi depan.

Sebelum kanker menyerang tubuhnya, Sukadi bekerja sebagai kuli bangunan untuk menafkahi kedua anaknya. Namun kanker tiroid membuat suami Sulamah (41) ini tak mampu lagi bekerja, itu pun tidak setiap hari.

Hanya sesekali Sukadi mencari nafkah sebagai kuli angkut ayam. Hanya saja karena kondisinya, Sukadi hanya bisa melakukannya seminggu dua kali. Itulah mengapa jangankan untuk berobat, untuk makan sehari-hari saja, keuangan Sukadi sudah tak memadai.


Kendati begitu, kondisi ini tak membuat Sukadi berpangku tangan. Dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS), dia mengaku sudah berobat ke rumah sakit di Jombang, Mojokerto hingga Surabaya. Namun kanker yang sudah membesar itu tak kunjung dioperasi.

"Operasi dipersulit, hampir sebulan saya di Rumah Sakit Karangmenjangan (RSUD Dr Soetomo, Surabaya, red) tak ditangani sama sekali," ungkapnya.

Kondisi Sukadi juga membuat prihatin Kades Podoroto Ansorul Hakim. Pihaknya mengaku sudah berupaya membantu pengobatan Sukadi dengan mendaftarkannya sebagai penerima KIS.

Kini Ansorul berharap ada uluran tangan dari pemerintah maupun pihak swasta. "Penyakitnya sudah parah, saya minta ada dermawan membantu beliau," tandasnya.


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com