DetikNews
Selasa 10 April 2018, 20:58 WIB

Debat Cagub Jatim

Khofifah Sindir Puti-Gus Ipul soal Bonus Demografi dan Internet 4G

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Khofifah Sindir Puti-Gus Ipul soal Bonus Demografi dan Internet 4G Suasana debat cagub Jatim di Gedung Dyandra Convention Center. (Foto: Deny Prastyo Utomo)
FOKUS BERITA: Debat Cagub Jatim
Surabaya - Bonus demografi di Jatim bisa jadi masalah. Apalagi jika dikaitkan dengan pekerjaan dan anak-anak muda. Bagaimana solusi cagub-cawagub?

Emil Dardak diberi kesempatan awal menjawab pertanyaan itu. Bupati Trenggalek nonaktif ini mengatakan banyak anak muda, terutama berusia 16-18 tahun, yang tak bersekolah. Masalah ini jadi konsen pasangan nomor urut satu.

"Kita memasuki era digital. Kerja nggak harus nenteng map. Tapi kini banyak profesi baru yang bisa dilakukan seperti desainer, marketer, dan lain-lain. Untuk itulah, kami siapkan job center. Khususnya untuk start up. Pemerintah harus support," kata Emil dalam debat yang dipandu Alfiato Deannova Gintings dan Anisa Dasuki dan digelar di Dyandra Convention Center, Jl Basuki Rahmat Surabaya, Selasa (10/4/2018).


Giliran Gus Ipul menjawab pertanyaan yang sama. "Kata kuncinya adalah pendidikan. SMK perlu diberdayakan, dimaksimalkan. Saat ini 2.000 SMK," kata Gus Ipul sambil mempersilakan Puti ikut menjawab.

"Yang paling penting adalah ketrampilan. Apalagi bagi generasi mileneal. Kami punya program Superstar (Sentra UMKM, Pemberdayaan UMKM dan Startup). Juga program Masmetal, masyarakat melek digital. Kami memastikan internet terpasang untuk anak muda," urai Puti.


Saat diberi giliran memberi tanggapan, Khoffah tersenyum. "Mbak Puti, saya turun ke berbagai daerah. Mereka (anak uda) sudah 4G. Di Jatim, melek digital sudah selesai. Waktunya masuk pada milenial job center. Dan Gus Ipul, tidak semua SMA harus grade A. Lebih penting SMK punya ruang agar lulusan diserap. Misalnya untuk bidang perhotelan, pariwisata," papar Khofifah.

Gus Ipul tak merespons tanggapan Khofifah. Dia menekankan pada pentingnya infrastruktur agar sampai desa. Masyarakat perlu diajak terutama untuk menciptakan iklim usaha. "Saya datang ke desa wisata seperti di Banyuwangi, Pujon (Malang), yang bisa menciptakan lapangan kerja. Dan mereka adalah anak-anak muda," kata Gus Ipul mengakhiri sesi menjawab dan memberi tanggapan ini.


(trw/trw)
FOKUS BERITA: Debat Cagub Jatim
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed