DetikNews
Selasa 10 April 2018, 17:10 WIB

INKA Siap Kirim Kereta LRT untuk Asian Games Palembang

Sugeng Harianto - detikNews
INKA Siap Kirim Kereta LRT untuk Asian Games Palembang Foto: Sugeng Harianto
Madiun - PT INKA (Persero) Madiun terus melakukan pengerjaan proyek nasional Light Rail Transit (LRT) atau kereta ringan yang akan digunakan untuk transportasi atlit di ajang olahraga Asian Games di Palembang.

Sebagian gerbong LRT telah selesai dikerjakan dan siap dikirimkan. "Alhamdulilah sebagian sudah selesai dan saat ini sudah perjalanan menuju Palembang dan akan dipersiapkan untuk transportasi Asian Games mendatang," jelas Humas PT INKA Madiun, Cholik M. Zamzam kepada wartawan di kantornya, Selasa (10/4/2018).

Untuk proyek kereta LRT ini, Kholik mengatakan pihaknya mengerjakan 8 trainset, di mana 1 trainset terdiri atas 3 kereta sehingga bila ditotal jumlahnya adalah 24 kereta.

Untuk pengiriman tahap pertama pada awal April 2018 ini, PT INKA baru mengirimkan 2 trainset atau 6 kereta.

"Mulai awal April ini akan dikirim sebanyak 4 trainset secara bertahap hingga akhir Mei 2018 nanti. Untuk kiriman pertama hari Minggu kemarin baru 2 trainset atau 6 kereta. Untuk yang 6 trainset masih pengerjaan sudah 85 persen dan Juni target kita kirim semua," tutur Kholik.


Kereta LRT untuk Asian Games Siap Dikirim Foto: Sugeng Harianto

Kholik menambahkan, keseluruhan trainset yang ada ditargetkan akan segera selesai pada bulan Juni 2018 mendatang. Total anggaran yang disiapkan pemerintah untuk proyek LRT ini sendiri mencapai Rp 400 miliar.

Menurut Kholik, pihaknya telah memastikan kereta bikinan mereka nyaman untuk digunakan, mulai dari pemasangan AC (air conditioning) serta pemasangan kaca jendela dari jenis safety glass (tempered) dan dilaminasi anti UV 60 persen sehingga mampu mengurangi radiasi sinar matahari langsung. Kholik pun memastikan kandungan produk lokal yang dipakai pada LRT ini mencapai kurang lebih 45 persen.

"Kereta LRT Palembang nantinya kereta yang mampu membawa sekitar 379 penumpang, baik penumpang yang duduk maupun penumpang yang berdiri. Sebagai manufaktur sarana kereta api satu-satunya di Indonesia dan di Asia Tengggara, PT INKA (Persero) turut mendukung terselenggaranya Asian Games ke-18 tahun 2018 di Jakarta-Palembang, dengan menghadirkan moda transportasi khususnya untuk para atlit dan masyarakat Sumatera Selatan pada umumnya," pungkasnya.

Kereta yang tergolong teknologi baru di Indonesia ini menggunakan motor listrik sebagai penggerak, dilengkapi third rail sebagai sumber daya listrik serta menggunakan material carbody (badan kereta) berupa aluminium double skin.

Dalam satu rangkaian kereta terdapat 3 kereta dengan susunan 2 motor car atau kereta dengan roda penggerak sekaligus menyatu dengan kabin masinis dan 1 kereta sebagai trailer car.

Kereta LRT untuk Asian Games Siap Dikirim Foto: Sugeng Harianto

(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed