DetikNews
Selasa 10 April 2018, 08:35 WIB

Tengok Lapangan Golf 'Mini' di Blitar, Tak Luas Tapi Menantang

Erliana Riady - detikNews
Tengok Lapangan Golf Mini di Blitar, Tak Luas Tapi Menantang Foto: Erliana Riady
Blitar - Tak ada yang lebih menyenangkan setelah bangun pagi selain berolahraga. Ingin olahraga yang berbeda? Di Blitar, ada lapangan golf yang terletak di tengah kota. Namanya Riverside Golf Club.

Lapangan golf yang disebut satu-satunya di wilayah eks-Karesidenan Kediri ini merupakan properti pribadi milik H Hariyanto, seorang pengusaha dari Blitar.

Apa istimewanya? Karena luasnya hanya sekitar 2 hektar, pegolf hanya bisa lebih banyak melakukan pukulan jarak pendek. Hole-nya pun hanya ada tiga. Belum lagi oleh pengelola, di lapangan golf ini dibuat beberapa hazard atau rintangan yang sangat menantang.

Di antaranya enam Bunker atau rintangan berupa kolam pasir dan sebuah Water Hazard seluas 7 x 15 meter. Water Hazard adalah salah satu tipe rintangan dalam lapangan golf yang bisa berupa kolam, sungai, laut, atau area apapun dengan air.

Tengok Lapangan Golf 'Mini' di Blitar, Tak Luas Tapi MenantangFoto: Erliana Riady

"Bermain di lapangan ini sama dengan mengasah feeling. Karena tidak semua pegolf mampu bermain jarak pendek. Selain ukuran stick harus menyesuaikan, banyak tantangan yang mengasah ketajaman pemain golf kalau berlatih disini," ucap pegolf pro asal Blitar Rahadian Eka Priyanto pada detikcom, Selasa (10/4/2018).

Namun Rahadian mengaku sangat terbantu dengan keberadaan lapangan golf yang terletak di Jalan Ciliwung 22 Kota Blitar ini ini. Selain jarak lapangan relatif dekat, berlatih di lapangan golf disini juga bebas biaya.

"Semua gratis disini. Kalau di tempat lain ada charge-nya. Disini malah disediakan semua peralatan buat yang mau belajar. Bisa latihan kapanpun, pokoknya bebas," ungkap Rahadian.



H Hariyanto atau sang pemilik sendiri juga dikenal sebagai pegolf pro senior. Kecintaannya pada olah raga golf inilah yang membuatnya ingin membangun lapangan golf sendiri di sekitar tempat tinggalnya.

"Desain lapangan ini dirancang oleh Abah Hari (panggilan H Hariyanto) bersama seorang pegolf Taman Dayu Pandaan," jelas Manager HRD Mayangkara Grup Fuad Syaiful Anam.

Menariknya, lapangan yang diresmikan pada 2 Maret 2008 ini sering dijadikan tempat berkumpul dan bertemunya para pejabat dan forpimda di kota maupun kabupaten eks-Karesidenan Kediri seperti pejabat dari Kediri, Tulungagung, Trenggalek dan Blitar sendiri.

"Ya disinilah para pejabat bertemu dalam suasana informal. Dan dari sinilah, saat bermain golf, ide terkait kebijakan publik sering dicetuskan para pejabat daerah," pungkas Fuad.

Layaknya lapangan golf lainnya, lapangan berbentuk letter U ini pun cukup rindang dan sejuk. Pepohonan buah di sekeliling lapangan dan rumput yang senantiasa hijau membuat pemandangan semakin segar. Cocok juga untuk refreshing sekaligus berolahraga.

Tengok Lapangan Golf 'Mini' di Blitar, Tak Luas Tapi MenantangFoto: Erliana Riady


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed