DetikNews
Senin 09 April 2018, 16:08 WIB

360 Lampu Tenaga Surya Bakal Terangi Ponorogo

Charolin Pebrianti - detikNews
360 Lampu Tenaga Surya Bakal Terangi Ponorogo Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Dinas Perhubungan (Dishub) Ponorogo berupaya untuk mengurangi penggunaan listrik dalam Penerangan Jalan Umum (PJU) melalui pengadaan lampu tenaga surya.

Total ada 360 lampu tenaga surya yang diajukan oleh Dinas Perhubungan untuk dialokasikan melalui APBD Pemprov Jatim.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo, Djunaedi mengatakan lampu tenaga surya ini diharapkan bisa membantu mengurangi listrik untuk PJU di Ponorogo.

"Beberapa sudah terpasang dan dipergunakan di jalan-jalan strategis di Ponorogo," tutur Djunaedi saat ditemui di Paseban, Alun-alun Ponorogo, Senin (9/4/2018).

Djunaedi menambahkan kelak lampu-lampu ini hanya akan dipasang di jalan-jalan provinsi, namun tidak menutup kemungkinan jika lampu-lampu itu akan dialihkan ke jalan kabupaten. "Karena saya pendekatan ke si pemberi, yang seharusnya dipasang di Jalan Provinsi bisa dialihkan ke jalan milik kabupaten," lanjutnya.


Foto: Charolin Pebrianti

Saat ini Dishub Ponorogo telah memasang PJU tenaga surya di beberapa kecamatan, seperti di Kecamatan Siman sebanyak 15 buah, Kecamatan Pulung 10 buah, dan Kecamatan Suko 4 buah.

"Ada pula sekitar 40 buah dipasang di Kecamatan Pulung dan Ngrayun. Kami memohon ke Kementerian ESDA, kerjasama dengan rekan lain dapat 40 buah PJU tenaga surya," tambahnya.

Tak hanya itu, Dishub Ponorogo juga meminta bantuan PJU sebanyak 30 buah kepada Dinas Pekerjaan Umum. "Saya meminta pengadaan tenaga surya itu melalui PU sekitar 30-40, itupun belum ada serah terima kepada kami, ini yang milik Pemda," imbuh Djunaedi.

Djunaedi mengaku PJU menggunakan tenaga surya dinilai lebih hemat dan efisien. Hanya saja ia mengakui jika terkadang ditemui lampu PJU yang tidak nyala saat malam hari. "Perawatan juga penting terutama membersihkan panel surya. Perawatan PJU dilakukan oleh Dishub Ponorogo," tandasnya.


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed