Ada Mini Zoo di Madiun Umbul Square, Apa Saja Koleksinya?

Sugeng Harianto - detikNews
Senin, 09 Apr 2018 13:22 WIB
Foto: Sugeng Harianto
Madiun - Pecinta satwa pun bisa dimanjakan saat mengunjungi Madiun Umbul Square, pemandian air hangat yang terletak di Jalan Raya Madiun Ponorogo Desa Glonggong Kecamatan Dolopo ini.

Ternyata pemandian ini juga memiliki 'mini zoo' atau kebun binatang kecil. "Ada lumayan banyak koleksinya meski tak selengkap kebun binatang di kota lain. Tapi bisa mengobati kangen suasana kebun binatang," jelas Humas Madiun Umbul Square Suciati kepada detikcom, Senin (9/4/2018).

Suciati mengungkapkan, ada 151 satwa yang dipelihara pengelola pemandian. Di antaranya kera Jawa, kelinci, ular sanca, burung merak, rusa tutul, buaya, harimau, singa, kelelawar raksasa dan masih banyak lagi.

"Koleksi ada 151 satwa jenis hewan dilindungi semua. Aneka burung banyak," tambahnya.

Ada Mini Zoo di Madiun Umbul Square, Apa Saja Koleksinya?Foto: Sugeng Harianto

"Asyik juga ini daripada jauh-jauh sekedar penghilang penat. Saya ajak anak ke kebun binatang mini di umbul ini," kata salah satu pengunjung asal Magetan, Siti Murni (34).

Namun tak hanya satwa dilindungi. Di Madiun Umbul Square juga ditemukan sejumlah arca peninggalan kebudayaan Hindu dan Buddha. Total ada 8 arca yang masih tersimpan dan terawat dengan baik di kawasan wisata tersebut.

"Ciri khas sebagai peninggalan jaman kebudayaan hindu dapat dilihat dari adanya arca batu di lokasi utama wisata umbul ini. Ada 8 arca yang kita simpan," tutur Direktur Taman Wisata Madiun Umbul Square, R. Avri Handoko.

Kedelapan arca tersebut antara lain Patung Dewi Sri, Dewi Durga, dua arca pancuran juala dan jala, lingga yoni, miniatur lumbung padi, serta dua arca lembu andini. Menurut Avri, arca-arca tersebut diyakini merupakan lambang kesuburan dan kemakmuran warga Madiun kala itu.

Arca-arca tersebut tersimpan rapi di sebuah lokasi khusus berpagar tembok dan terpisah sejauh kira-kira 5 meter dari sumber hangat yang berada di sebelah timurnya.

Penasaran ingin berkunjung ke Madiun Umbul Square? Destinasi wisata yang dulunya bernama Pemandian Air Panas Umbul itu buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB dan tutup pukul 22.00 WIB.

Ada Mini Zoo di Madiun Umbul Square, Apa Saja Koleksinya?Foto: Sugeng Harianto
(lll/lll)