Cacing di Ikan Mackarel Tak Berbahaya, Ini Kata Kadinkes Ponorogo

Charolin Pebrianti - detikNews
Senin, 09 Apr 2018 13:13 WIB
Kadinkes Ponorogo Rahayu Kusdarini/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Sejumlah pedagang di Ponorogo mengembalikan produk ikan mackarel karena khawatir ada cacing di dalamnya. Bagaimana Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo menyikapinya?

Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo, Rahayu Kusdarini menjelaskan adanya temuan cacing dalam produk mackarel sebenarnya tidak berbahaya.

"Asal sebelum dikonsumsi dimasak terlebih dahulu hingga matang, masih aman," kata perempuan yang akrab dipanggil Irin saat ditemui di Paseban Alun-Alun Ponorogo, Senin (9/4/2018).

Irin menerangkan cacing yang terdapat di dalam ikan makarel itu adalah Cacing Anisakis. Kandungan cacing yang ada dalam makanan kemasan tetap saja tidak dibenarkan dari sudut pandang kesehatan. Sekalipun dalam teorinya, parasit tersebut sudah mati saat proses pengemasan dilakukan.


"Proses pengalengan sendiri itu sudah dilakukan dengan suhu 120°, belum lagi saat ikan kaleng dikonsumsi juga dimasak lebih dulu," terang dia.

Memang, lanjut Irin, temuan adanya cacing dalam makanan kemasan tidak dibenarkan karena masuk ke dalam cemaran. Pun juga bisa menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat. Namun bagi Irin, jika dimasak terlebih dahulu ikan mackarel masih aman untuk dikonsumsi.

Sidak ikan kemasan/Sidak ikan kemasan/ Foto: Charolin Pebrianti


"Karena sebenarnya itu tidak terlalu berbahaya jika dikonsumsi," ujar Irin.

Jika terkonsumsi oleh manusia, kemungkinan reaksi yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi ikan dalam kemasan kaleng bercacing itu hanya alergi ringan. Bisa membuat kulit menjadi gatal-gatal sehingga muncul warna kemerahan.

"Di samping itu, selama ini kami juga belum pernah mendapatkan laporan atau keluhan dari masyarakat mengenai akibat yang ditimbulkan dari mengkonsumsi ikan kemasan kaleng tersebut," tukas Irin.

Irin pun mengimbau kepada masyarakat Ponorogo untuk tidak mengkonsumsi makanan dalam kaleng yang terindikasi adanya cacing parasit.

"Tidak begitu berbahaya, tapi tetap saja masyarakat diimbau agar tidak mengkonsumsi produk yang diduga mengandung cacing parasit tersebut," imbuh Irin.

Usai sidak yang dilakukan oleh UPT Perlindungan Konsumen UPTPK Kediri di Ponorogo beberapa waktu lalu melarang seluruh retail untuk tidak menjual produk ikan mackarel, ditemukan dua retail di Ponorogo masih menjual ikan mackarel. Setidaknya dalam sidak tersebut ditemukan 84 kaleng ikan mackarel. (fat/fat)