Mandi di 'Madiun Umbul Square' Konon Bisa Sembuhkan Penyakit

Sugeng Harianto - detikNews
Senin, 09 Apr 2018 07:44 WIB
Foto: Sugeng Harianto
Madiun - Bagi Anda pecinta wisata air, Madiun Umbul Square mungkin bisa jadi salah satu tujuan pilihan Anda. Pemandian air hangat ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit.

Air hangat yang mengandung belerang di pemandian ini berasal dari Gunung Wilis. Namun oleh pengelola, pengunjung dipersilakan memilih tiga kolam yang disediakan. Tiga kolam ini letaknya berjajar dan hanya diberi sekat tembok kaca bening. Dua kolam berukuran sekitar 4x5 meter mengapit satu kolam di tengah dengan bentuk agak setengah oval.

"Jadi ini ada tiga kolam dari sumber air belerang asli tanpa rekayasa, sudah ada sejak jaman nenek moyang dulu. Dulunya hanya satu tapi luas, sekarang ada pemugaran dibuatkan tiga agak kecil. Airnya memang dipercaya untuk pengobatan penyakit kulit," jelas Humas Madiun Umbul Square Suciati kepada detikcom, Senin (9/4/2018).

Mandi di 'Madiun Umbul Square' Konon Bisa Sembuhkan PenyakitFoto: Sugeng Harianto

Sumbernya sendiri berada di sebelah utara pemandian atau sekitar 5 meter dari kolam pemandian. "Jadi untuk dapat melihat langsung sumber air belerang, pengunjung bisa masuk melewati taman depan di samping pintu masuk area pemandian. Semua bebas boleh langsung menyentuh air sumber belerang ini," ungkap Suci.

Pengelola juga membuat kolam kecil dengan ukuran kolam sekitar 2x2 meter untuk menampung air sumber belerang. Di kolam sumber utama tersebut tampak ada hiasan patung besar memegang sekor ular. Patung itu diberi nama Rekso Gati, dengan wajah kemerahan memberikan kesan menakutkan.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa bebas berendam di kolam-kolam air hangat yang ada, sebab meski kedalaman kolam mencapai 1 meter, namun airnya hanya diisi setinggi sekitar 30 cm.

Mandi di 'Madiun Umbul Square' Konon Bisa Sembuhkan PenyakitFoto: Sugeng Harianto


Bagi yang tidak mandi air hangat, Madiun Umbul Square yang memiliki luas mencapai 4 hektar ini juga menyediakan dua kolam renang untuk anak dan dewasa. Kolam renang biasa ini pun didesain tak ubahnya seperti pantai sehingga dapat menarik minat anak-anak.

Tak hanya kolam renang dan kolam air hangat, ada juga arena outbond, taman bermain anak, pendopo untuk beristirahat, dan kebun binatang kecil atau 'mini zoo' dengan koleksi satwa yang cukup banyak. Ada juga terapi kaki dengan ikan untuk kesehatan.

Tidak sulit untuk menemukan Madiun Umbul Square. Lokasinya yang terletak di Dusun Umbul Desa Glonggong Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun atau 20 km di selatan pusat Kota Madiun ini juga hampir berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo.
Mandi di 'Madiun Umbul Square' Konon Bisa Sembuhkan PenyakitFoto: Sugeng Harianto

Saat menuju pemandian ini, pengunjung akan diberi petunjuk berupa reklame besar di sebelah timur jalan. Dari reklame tersebut, lokasinya masuk sekitar 500 meter. Area parkir Madiun Umbul Square juga luas sehingga dapat menampung mobil dan bus pariwisata yang berkunjung.

Tiketnya pun dibedakan antara hari biasa dengan hari libur. Untuk tiket hari Senin-Jumat harga tiket masuk hanya Rp 10.000, sedangkan untuk Sabtu-Minggu dan hari libur atau tanggal merah, tiket dihargai sebesar Rp 20.000. Namun untuk anak di bawah 3 tahun, pengelola tidak mematok tiket alias gratis.

Lantas apa kata pengunjung? "Saya baru ini kesini dengar-dengar ada pemandian air belerang, konon untuk sembuhkan penyakit kulit. Saya gatal-gatal ini," terang pengunjung asal Nganjuk, Koirul (35).

(lll/lll)