Di Blitar, Perpanjangan SIM Bisa Dibikin di Depan Masjid

Erliana Riady - detikNews
Jumat, 06 Apr 2018 19:14 WIB
Foto: Erliana Riady
Blitar - Di Blitar, mobil-mobil pelayanan milik kepolisian akan disiagakan di depan masjid pada tiap hari Jumat. Ada beragam layanan yang dapat diberikan oleh mobil-mobil ini.

Terobosan baru ini dibuat oleh Polres Blitar untuk mengoptimalkan pemberian layanan kepada masyarakat. Namanya Pos Jumrah, yang merupakan kependekan dari Polisi Jumat Bersama dan Beribadah.

Sejumlah layanan yang bisa diberikan di antaranya perpanjangan SIM, pembuatan laporan pengaduan hingga pemeriksaan kesehatan.

"Hari Jumat itu hari yang penuh berkah. Hari ini kami juga tingkatkan ibadah dan layanan pada masyarakat. Jadi masyarakat bisa ibadah dengan tenang dan layanan ditingkatkan di sekitar masjid juga," kata Kapolres Blitar AKBP Annisullah M Ridha pada wartawan, Jumat (6/4/2018).

Mobil SIM Keliling, SPKT dan Mobil Layanan Kesehatan ini 'standby' di sekitar masjid sejak pagi hari. Dengan begitu warga dapat memanfaatkan layanan yang diberikan oleh kepolisian, baik sebelum maupun sesudah shalat Jumat.


Di Blitar, Perpanjangan SIM Bisa Dibikin di Depan MasjidFoto: Erliana Riady

Tak hanya itu, Annis mengatakan, Pos Jumrah juga mempermudah kepolisian dalam menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat, misalkan dengan komunikasi langsung maupun diskusi di masjid-masjid selepas Jumatan.

"Dengan begitu tali silaturahmi tidak akan terputus. Penyerapan aspirasi, informasi lebih optimal dan menumbuhkan rasa kebersamaan dalam menjaga Harkamtibmas di lingkungan masing masing untuk Blitar yang makin aman," imbuh Annis.

Seperti halnya yang terpantau oleh detikcom di halaman Masjid Jami Al Falah Desa Tawangrejo Kecamatan Binangun. Ketiga mobil yang memberikan pelayanan terparkir rapi dan warga tampak antusias memanfaatkan layanan-layanan yang ada.

"Program dari Kapolres Blitar terkait SIM Keliling di Binangun baru pertama kali dan sangat disambut positif oleh warga," ungkap Camat Binangun Aan Ernawanto.

(lll/lll)