Hore... Kawah Ijen Dibuka Kembali untuk Wisatawan

Chuk S. Widarsha - detikNews
Kamis, 05 Apr 2018 14:16 WIB
Foto: Ardian Fanani
Bondowoso - Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen akan segera dibuka kembali untuk kunjungan wisatawan. Namun, aktivitas kunjungan tersebut hanya dibatasi pada pagi hingga siang hari saja.

Data yang dihimpun detikcom menyebutkan dalam surat edaran yang diterbitkan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur bernomor SE.05/K2/BIDTEK.I/KSA/4/2018, Kawah Ijen akan dibuka kembali terhitung sejak Jum'at (6/4/2018) pukul 00.00.

"Namun begitu, pengunjung tetap harus waspada," kata Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Jember, Setyo Utomo, ditemui di kantornya di Jalan Jawa, Kamis (5/4/2018).

Setyo menjelaskan, pembatasan waktu beraktivitas di puncak kawah bukan hanya berlaku untuk pengunjung, tetapi juga untuk para penambang belerang. Pembatasan waktu tersebut antara pukul 04.00 - 12.00 tiap harinya.

"Pengunjung maupun penambang, maksimal hanya radius 1 km dari bibir kawah," tegas Setyo.

Sebelumnya TWA Kawah Ijen dinyatakan tertutup untuk aktivitas publik sejak hari Kamis (22/3) lalu. Penutupan itu menyusul letupan di kawah yang mengakibatkan munculnya gas beracun. Sejumlah warga Bondowoso pun sempat terkena dampak munculnya gas beracun tersebut. (lll/lll)