Tentang Spillway yang Heboh Dikira 'Sumur' Misterius di Sungai

Triono Wahyu Sudibyo - detikNews
Rabu, 04 Apr 2018 16:37 WIB
Spillway yang dikira warga 'sumur' misterius di tengah sungai. (Foto: M Rofiq/detikcom)
Surabaya - Sebuah lubang berdiameter 4 meter dan berkedalaman 5 meter di sungai Desa Sumberbulu, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo, menghebohkan warga. Dikiranya sumur misterius padahal spillway peninggalan Belanda. Apa itu spillway?

Spillway merupakan katup pelimpah air. Biasa dibangun di bendungan atau dam sebagai saluran pembuangan air berlebih. Melalui lubang itu, air dialirkan ke titik lain untuk pembangkit listrik, irigasi, atau pengendali banjir.

[Gambas:Video 20detik]


Bentuknya terkesan mengerikan. Apalagi saat dilihat dari permukaan. Seolah-olah air tersedot ke lokasi antah berantah. Padahal air mengalir ke titik yang diinginkan pembuat konstruksi.

Tentang Spillway yang Ramai Disebut 'Sumur' Misterius di SungaiFoto: M Rofiq
Spillway kadang disebut morning glory. Istilah ini merujuk pada tanaman di daerah tropis Amerika dan Asia. Di Indonesia tanaman ini mirip kecubung. Kenapa spillway juga disebut morning glory ya karena bentuknya mirip bunga kecubung atau terompet.

Spillway bukan konstruksi 'aneh'. Waduk Jatiluhur di Purwakarta, Jawa Barat, punya 2 buah. Bendungan Riam Kanan, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, juga punya. Tentu saja, fungsinya berbeda-beda.


Nah, yang ada di sungai Desa Sumberbulu, Kecamatan Tegalsiwalan, Probolinggo, berfungsi untuk antisipasi banjir dan irigasi sawah. Hal itu dinyatakan Kepala Bidang Sumber Daya Alam (SDA) Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Probolinggo, R Oemar Sjarif, Rabu (4/4/218).

"Itu spillway. Selain antisipasi banjir, fungsinya juga sebagai lubang pembuangan air untuk irigasi sawah," kata Oemar.


Tentang Spillway yang Heboh Dikira 'Sumur' Misterius di SungaiFoto: M Rofiq/detikcom
Spillway di tengah sungai desa tersebut buatan Belanda. Jadi memang sudah lama. Baru ramai setelah beberapa orang mengunggah foto dan video ke media sosial beberapa hari belakangan. Foto dan video dibumbui kalimat 'sumur di tengah sungai'. Warga berdatangan karena penasaran. (trw/iwd)