Hore! Bus Besar Bisa Masuk Pantai Klayar

Purwoto Sumodiharjo - detikNews
Rabu, 04 Apr 2018 08:26 WIB
Foto: Purwoto Sumodiharjo
Pacitan - Berwisata ke Pantai Klayar, Pacitan kian mudah saja. Wisatawan dengan bus besar kini dapat langsung menuju ke obyek wisata di ujung barat Kabupaten Pacitan itu tanpa berganti moda angkutan.

Kemudahan ini setelah dioperasikannya area parkir di dekat pintu masuk pantai. Lahan parkir seluas 1,2 hektar tersebut diperkirakan mampu menampung 50 unit bus besar dan 300 mobil kecil.

"Kami sudah keluarkan pemberitahuan resmi. Progres pembangunan area parkir obyek wisata Pantai Klayar sudah 85 persen sehingga bisa dipakai untuk parkir kendaraan, utamanya bus wisata," kata Endang Surjasri, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olah Raga Pacitan kepada detikcom, Rabu (4/4/2018).

Endang mengatakan, pembangunan area parkir merupakan bagian dari upaya peningkatan sarana prasarana di sekitar obyek wisata. Harapannya, wisatawan akan merasa nyaman dan betah berada di kawasan tersebut. Tentu saja, lanjut mantan Kabag Humas Pemkab Pacitan ini, pihaknya juga tidak mengesampingkan faktor pendukung lain, semisal area berjualan untuk pedagang kaki lima.

"15 persen sisa pekerjaan akan diselesaikan tahun ini. Adapun fokus utamanya adalah pembangunan area pedagang kaki lima," tambahnya.


Kendati tempat parkir resmi dioperasikan, namun Endang tetap memberikan keleluasaan wisatawan untuk memilih. Sekiranya ragu membawa kendaraan langsung ke Pantai Klayar, mereka dapat memarkir bus di Punung. Dari kawasan tersebut, penumpang dapat memanfaatkan jasa shuttle (antar jemput) dengan jarak tempur sekitar 14 kilometer.

"Pada dasarnya tidak ada paksaan bahwa bus besar harus masuk ke area parkir Pantai Klayar. Jika menghendaki berganti shuttle di Punung ya tidak apa-apa," papar Endang.

"Jalur ke Klayar memang ada sebagian ruasnya berupa tikungan dan tanjakan," imbuhnya menjelaskan alasan pemberian opsi parkir di Punung.

Musibah banjir dan longsor yang melanda Kota 1001 Gua akhir tahun lalu sempat melumpuhkan kunjungan wisata ke Pantai Klayar. Namun seiring makin membaiknya cuaca, jumlah wisatawan yang datang terus meningkat. Hal ini ditopang pula dengan kemudahan aksesibilitas menuju obyek wisata yang dikenal dengan batu karang mirip patung Sphinx dan Seruling Samudera ini.

"Minggu ini sudah ada peningkatan kunjungan wisata walaupun belum pulih normal seperti awal tahun kemarin," pungkas Endang.

(lll/lll)