detikNews
Selasa 03 April 2018, 20:38 WIB

Ini Sosok Penyerang Pengasuh Ponpes Pakai Kapak, Kejiwaannya Dicek

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Ini Sosok Penyerang Pengasuh Ponpes Pakai Kapak, Kejiwaannya Dicek Rudiyanto, penyerang pengasuh ponpes. (Foto: istimewa)
Surabaya - Rudiyanto diamankan polisi setelah menyerang pengasuh Ponpes Darul Falah Sidoarjo, Tajudin (48), pakai kapak. Informasi yang beredar, Rudiyanto mengalami gangguan jiwa. Polisi mengecek.

"Kami periksa kejiwaannya dengan melibatkan dua tenaga ahli dari RS Bhayangkara dan Universitas Airlangga," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Frans Barung Mangera, saat dihubungi detikcom, Selasa (3/4/2018).

Barung memastikan akan mengusut tuntas kejadian ini. Sebab kasus seperti ini jadi perhatian Kapolda Irjen Machfud Arifin dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Jika kemudian pelaku dinyatakan tak mengalami gangguan jiwa, polisi akan bertindak tegas.


Barung mengimbau masyarakat untuk tidak mengaitkan kejadian ini dengan beberapa peristiwa penyerangan kiai yang pernah terjadi sebelumnya. "Ini murni kriminal jangan dikaitkan dengan yang lain dulu," ujar Barung.

Penyerangan Tajudin terjadi di ponpes yang beralamat di Dusun Kedungsar, Desa Penambangan, Balongbendo, Sidoarjo, pada Senin (2/4) sekitar pukul 18.00 WIB. Saat itu korban tengah memimpin salat. Dari belakang, pelaku memukul dengan menggunakan bagian tumpul kapak.


Korban luka di kepala bagian belakang. Belum diketahui motif penyerangan ini.

Korban luka di kepala bagian belakangKorban luka di kepala bagian belakang (Foto: istimewa)

Sesaat setelah kejadian, jemaah salat ramai-ramai mengamankan pelaku. Selanjutnya pelaku yang berasal dari Desa Penambangan, Balongbendo, dibawa ke Polda Jatim. Sementara korban telah dimintai keterangan di Polsek Balongbendo.


(trw/trw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com