Ikan Makarel Menghilang di Pasaran Ponorogo, Ada Apa?

Charolin Pebrianti - detikNews
Sabtu, 31 Mar 2018 16:47 WIB
Foto: Imam Suripto/detikcom
Jakarta - Berita terkait cacing di kemasan ikan kalengan mackarel membuat sejumlah pedagang di Ponorogo khawatir. Akibatnya, sejumlah pedagang mengembalikan produk ikan sarden maupun mackarel karena khawatir terdapat cacing di dalamnya.

Seperti salah satu pegawai minimarket Surya Ponorogo, Firman menuturkan pihaknya sudah mengembalikan ikan kalengan ke pengepul. Pasalnya, pihaknya khawatir terkait ramainya pemberitaan di media adanya cacing di dalam ikan kalengan.

"Semua sudah dikembalikan, tidak jual (ikan mackarel,red) lagi menunggu kondisi aman," tutur Firman kepada detikcom, Sabtu (31/3/2018).


Pantauan detikcom di sejumlah minimarket sudah jarang ditemui ikan sarden maupun mackarel. Bahkan kondisi ini juga ditemukan di Pasar Legi Songgolangit. Hanya tinggal beberapa pedagang saja yang berjualan. Masyarakat mengaku khawatir dan takut terkait pemberitaan ditemukannya cacing di dalam ikan kalengan.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Indagkop) Kabupaten Ponorogo, Addin Andanawarih mengatakan pihaknya belum melakukan penarikan terhadap ikan kalengan yang ada di Ponorogo namun masih terus melakukan pengawasan.

"Ada rencana Insya Allah minggu dan terus kita lakukan menjelang hari raya dan idul fitri," terang Addin.


Menurutnya, ia tidak akan melakukan penarikan hingga ada balasan surat dari Perlindungan Konsumen yang berwenang untuk menarik barang tersebut (ikan sarden,red).

"Kalau sesuai tupoksi kami memang melakukan monitoring ke pertokoan dan swalayan juga ke pasar-pasar," pungkas dia. (fat/fat)