DetikNews
Kamis 29 Maret 2018, 15:54 WIB

Dishub Ponorogo Luncurkan Aplikasi untuk Angkutan Cerdas Sekolah

Charolin Pebrianti - detikNews
Dishub Ponorogo Luncurkan Aplikasi untuk Angkutan Cerdas Sekolah Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Dinas Perhubungan (Dishub) Ponorogo siap meluncurkan aplikasi untuk memantau pergerakan mobil Angkutan Cerdas Sekolah (ACS). Aplikasi ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi para orang tua maupun guru dan siswa dalam memantau pergerakan mobil ACS.

"Nantinya bakal ada denah pergerakan masing-masing armada, jam berapa, dimana mobil itu nanti tampil di layar HP Android masing-masing," tutur Kepala Dishub Ponorogo, Djunaedi saat ditemui detikcom, Kamis (29/3/2018).

Nantinya pergerakan 41 unit armada ACS akan diawasi oleh 4 petugas Dishub. Jika armada ACS tidak berjalan sesuai kesepakatan kontrak maka pengemudi akan dipanggil dan diberikan sanksi.

"Jika tidak ada di rute pergerakan, pengemudi akan dipanggil kenapa tidak bekerja sesuai kontrak kita," tegasnya.

Djunaedi menambahkan, aplikasinya sendiri baru akan diluncurkan minggu ini. Peluncuran aplikasi ini menggunakan anggaran dana dari Kabupaten Ponorogo sebesar Rp 45 juta.

"Dengan estimasi masing-masing unit Rp 1 juta untuk pengadaan HP android bagi pengemudi ACS," jelas Djunaedi.
Dishub Ponorogo Luncurkan Aplikasi untuk Angkutan Cerdas SekolahFoto: Charolin Pebrianti


Sementara itu, salah satu pengemudi armada ACS, Syamsudin menyetujui program yang digalakkan Dishub melalui aplikasi ACS.

"Saya mendukung program ini jadi siswa tahu kapan dan dimana mobil berjalan, biar efisiensi waktu. Sekaligus mengurangi rasa khawatir orang tua tentang keberadaan anaknya," papar Syamsudin.

Hanya saja menurut Syamsudin karena sebagian besar pengemudi ACS tidak memiliki HP android maka yang mendapatkan sosialisasi baru sebagian pengemudi saja.

"Saya pun harus belajar menggunakan HP android. Katanya mau dipinjam pakai pengadaan HP android oleh Dishub," imbuhnya.

Angkutan Cerdas Sekolah (ACS) dicanangkan untuk menekan angka kecelakaan para pelajar di Ponorogo. Angkutan ini disediakan saat jam berangkat dan pulang sekolah.

Program yang dimulai pada bulan Februari 2017 lalu ini dilaporkan berjalan lancar hingga saat ini. Ada 41 unit armada yang disediakan untuk menjangkau para pelajar dari masing-masing kecamatan di Ponorogo yang ingin berangkat sekolah menggunakan transportasi gratis ini.


(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed