Pecel Lambe Ndower, Pedasnya Cetar Membahana

Erliana Riady - detikNews
Senin, 26 Mar 2018 08:54 WIB
Pecel Lambe Ndower yang konon pedasnya cetar membahana. (Foto: Erliana Riady)
Blitar - Kuliner pecel memang identik dengan makanan khas Blitar. Di Blitar sendiri banyak ditemukan tempat yang menawarkan makanan tradisional ini. Namun bagi Anda penyuka makanan ekstra pedas, pecel Lambe Ndower bisa jadi pilihan.

Warung Pecel Lambe Ndower sudah berdiri sejak tahun 2008. Dinamakan Pecel Lambe Ndower sebab rasa pedas sambal pecel yang ada di warung ini konon 'mencapai level 9' alias sangat pedas.

Dijamin bibir Anda akan memerah dan berurai air mata saat menikmati pecel yang berlokasi di Jalan A Yani, Kanigoro Kabupaten Blitar ini.

"Ya kalau merasakan pedasnya sambal pecel disini, dijamin lambenya jadi ndower (bibirnya jadi membengkak dan memerah, red)," kata pemilik warung Jiono (49) pada detikcom, Senin (26/3/2018).


Meski demikan Jiono memastikan walaupun sambal pecelnya terkenal pedas, namun tidak menyebabkan mulas di perut. Ini dikarenakan komposisi bumbunya pas dan tidak memakai merica.
Warung pecel ini berlokasi di Jalan A Yani, Kanigoro Kabupaten Blitar. (Foto: Erliana Riady)Warung pecel ini berlokasi di Jalan A Yani, Kanigoro Kabupaten Blitar. (Foto: Erliana Riady)

Kelebihan lain yang dimiliki warung pecel ini adalah pelanggan dipersilakan untuk menambah sendiri sambal pecelnya jika dirasa kurang.

"Lha itu, ada tulisan 'kurang sambel nyiduko dewe' (kurang sambal, ambil sendiri, red). Beneran itu, masak saya pasang tulisan ndak sesuai kenyataan," ujar Jiono sambil menunjuk tulisan di bagian barat dan selatan warungnya.

Salah satu pelanggan warung ini, Rifaldy menyatakan, pedas sambal pecel Lambe Ndower memang dominan. Namun gurihnya kacang dan bumbu rempah lain juga sangat terasa.

"Pedas sih...sangat pedas. Tapi gurihnya juga terasa. Mantap deh pokoknya," ucap Rifaldy yang datang bersama beberapa rekannya ini.

Bagi yang tidak begitu suka pedas, jangan khawatir. Warung ini juga menyediakan sambal pecel pedas sedang.

Dan untuk menghilangkan rasa pedas yang melekat di lidah, Anda bisa memesan es dawet sagu yang segar dan gurih. Seporsi pecel lengkap lauk dan rempeyek serta segelas es dawet hanya seharga Rp 10 ribu saja.

Es dawet sagu untuk menghilangkan pedas. (Foto: Erliana Riady)Es dawet sagu untuk menghilangkan pedas. (Foto: Erliana Riady)
(lll/iwd)