Pilgub Jatim 2018

Saat Khofifah Kunjungi Kampung Batik Sidoarjo

Suparno - detikNews
Jumat, 23 Mar 2018 17:11 WIB
Khofifah mencoba membatik di kampung batik Sidoarjo (Foto: Suparno)
Sidoarjo - Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi kampung batik tulis di Dusun Patar Lor, Desa Ngares Rejo, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo. Di sini, Khofifah menyempatkan diri berbincang dengan para pembatik.

"Kalau di Sukodono Sidoarjo ini para pembatiknya masih usia muda, kami yakin bahwa batik di Sukodono Sidoarjo tidak akan hilang karena batik digital printing," kata Khofifah kepada wartawan di lokasi, Jum'at (23/1/3/2018).

Khofifah juga melihat secara langsung proses pewarnaan, hingga pelunturan malam, serta proses melukis. meskipun prosesnya masih sangat tradisional, namun kualitas batik yang dihasilkan sangat terjamin.

"Kualitas batik yang ada di Sukodono Sidoarjo ini meskipun masih tradisional, namun mampu memberikan contoh untuk batik dari kota lain," tambahnya.

Khofifah menjelaskan, varian batik tulis Sukodono Sidoarjo ini memiliki corak bervariasi dan bisa digunakan untuk referensi pengrajin batik yang lain. Selain itu formatnya sangat bagus dan bervariasi.

"Selain batik Madura, batik Sidoarjo ini kualitasnya batik sangat bagus, pantas dijadikan tempat untuk mencari ilmu para penggrajin batik," jelasnya. (iwd/iwd)