DetikNews
Kamis 22 Maret 2018, 21:56 WIB

Wajah Terkini Tol Ngawi-Wilangan yang Dinyatakan Laik Operasi

Sugeng Harianto - detikNews
Wajah Terkini Tol Ngawi-Wilangan yang Dinyatakan Laik Operasi Tol seksi Ngawi Wilangan dinyatakan laik fungsi dan laik operasi. (Foto: Sugeng Harianto/detikcom)
Madiun - Jalan Tol Ngawi-Kertosono seksi I Ngawi-Wilangan sepanjang 52 km telah mengantongi sertifikat laik fungsi dan sertifikat laik operasi. Meski masih dilakukan pengerjaan pembangunan intersection penghubung gerbang tol ke jalan nasional.

"Sertifikat kelayakan sudah beres, namun kita masih ada sedikit pengerjaan jalan penghubung gerbang tol ke jalan nasional intersection pertigaan Dumpil untuk masuk gerbang tol, Madiun," jelas Direktur Utama PT. Ngawi Kertosono Jaya (NKJ), Iwan Moedyarno, selaku pengembang tol Ngawi-Kertosono saat dihubungi detikcom, Kamis (22/3/2018).

[Gambas:Video 20detik]


Selain pengerjaan intersection akses jalan nasional menuju gerbang tol, kata Iwan, juga pengerjaan beberapa overpass penghubung antar desa yang terbelah jalan tol. Pengebutan pengerjaan akses gerbang tol dan overpass tidak akan mengganggu main road ruas tol.

"Iya betul masih ada pengerjaan overpass untuk penghubung antar desa, tapi bisa dikerjakan tanpa ganggu main road," tutur Iwan.

Wajah Terkini Tol Ngawi-Wilangan yang Dinyatakan Laik OperasiFoto: Sugeng Harianto/detikcom
Iwan mengatakan sertifikat laik fungsi jalan tol sudah dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan pada tanggal 5 Maret 2018. Sementara itu, sertifikat laik operasi dikeluarkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dengan tanggal 6 Maret 2018.

"Tinggal pengoperasian lebaran yakin sudah bisa dioperasikan ruas tol sepanjang 52 km Ngawi hingga Wilangan perbatasan Madiun Nganjuk," katanya.


Pantauan detikcom mulai dari gerbang tol GT Ngawi di KM 580 yang ada di jalan Siliwangi nampak masih belum sempurna. Banyak pekerja sibuk mengerjakan rambu, marka jalan, dan perkantoran.

Wajah Terkini Tol Ngawi-Wilangan yang Dinyatakan Laik OperasiFoto: Sugeng Harianto/detikcom
Sementara saat detikcom menyusuri ruas tol Ngawi Wilangan sepanjang 52 Km tampak masih ada pengerjaan rest area di sekitar KM 508 Desa Pule Kecamatan Sawahan. Juga rest area di di barat gerbang tol Wilangan Desa Pajaran Kecamatan Saradan.

Ruas tol Ngawi-Kertosono sesi I Ngawi-Wilangan sepanjang 52 Km terdapat 4 gerbang tol (GT) yang telah di uji kelayakan. Uji peralatan tol bersama ini telah dilaksanakan pada tanggal 13-14 Maret 2018. Pengujian tersebut mencakup Gerbang Tol (GT) Ngawi (dioperasikan oleh PT Solo Ngawi Jaya (SNJ).

Sedangkan 3 gerbang tol dikelola oleh PT. Ngawi Kertosono Jaya (NKJ) yakni GT Madiun di Dumpil Balerejo, GT Mejayan di Caruban dan GT Wilangan di perbatasan Madiun Nganjuk Desa Pajaran Kecamatan Saradan.
(trw/trw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed