DetikNews
Kamis 22 Maret 2018, 19:47 WIB

Satu Pelaku Diduga Otak Bajing Loncat Truk di Probolinggo Buron

M Rofiq - detikNews
Satu Pelaku Diduga Otak Bajing Loncat Truk di Probolinggo Buron Polisi terpaksa memberondong mobil pelaku perampokan truk di jalur Pantura Probolinggo karena melawan. (Foto: M Rofiq)
Probolinggo - Polisi berhasil menangkap sejumlah anggota komplotan bajing loncat truk yang bermuatan bawang putih di daerah Pantura Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo pada Kamis (22/3/2018) dini hari.

Para pelaku yang telah diamankan di Mapolres Probolinggo, yakni Yudho Poerboyo alias Jomo (40) warga Desa Kedungdalem Kecamatan Dringu; Nihap alias Heri (73) warga Desa Talkandang, Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo; Edi (38) warga Pandaan Kabupaten Pasuruan; dan Saiful Rizal (23) warga Klakah, Kabupaten Lumajang.

"Untuk satu tersangka atas Nama Baidowi warga, Glagah Kabupaten Bangkalan Madura, masih buron dan sudah dilakukan pengejaran pihak kepolisian," ungkap Kapolres Probolinggo, AKBP Fadly Samad, Kamis (22/3/2018).

Proses penangkapan keempat pelaku berlangsung dramatis sebab petugas kepolisian harus memuntahkan timah panas lantaran mereka nekat melakukan perlawanan. Namun akhirnya keempat pelaku berhasil ditangkap di daerah Ranuyoso Kabupaten Lumajang.

Sebanyak 7 tembakan diarahkan ke badan mobil Avanza yang digunakan pelaku, sedangkan di kaca, polisi menembakkan 2-3 timah panas.


Kapolres Probolinggo memperlihatkan bodi mobil pelaku perampokan truk bermuatan bawang putih yang diberondong peluru polisi. (Foto: M Rofiq)Kapolres Probolinggo memperlihatkan bodi mobil pelaku perampokan truk bermuatan bawang putih yang diberondong peluru polisi. (Foto: M Rofiq)

"Mereka melakukan pencurian dengan kekerasan menggunakan sajam berupa sebilah pisau, mengancam seorang sopir truk Fuso bermuatan bawang putih sekitar 20 ton di daerah Paiton Kabupaten Probolinggo pada Selasa (20/3/2018) kemarin," paparnya.

AKBP Fadly menambahkan, pihaknya terus melakukan pengembangan atas kasus ini, termasuk melakukan pengejaran kepada satu pelaku yang diduga merupakan otak dari tindak perampokan ini. Hal ini juga sesuai dengan keterangan dari tersangka lain.

Keempat anggota komplotan ini juga diketahui merupakan jaringan lintas daerah. "Para tersangka komplotan ini berasal dari tiga daerah yakni Kabupaten Bangkalan Madura, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo serta satu tersangka yang menyebarkan penjualan bawang putih hasil curian berasal dari daerah Kabupaten Lumajang," ujarnya.


(lll/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed