Ini Alasan Kurir Tak Distribusikan KIP Dalam Karung

Zaenal Effendi - detikNews
Kamis, 22 Mar 2018 13:11 WIB
Polisi terus mendalami keterangan kurir yang tak distribusikan KIP dalam karung (Foto: Deni Prastyo Utomo)
Surabaya - Syahri Hamid adalah orang yang bertanggung jawab atas pendistribusian Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang ditemukan di dalam karung di sebuah laundry. Apa alasan Hamid tak mendistribusikan kartu tersebut?

"Mengakunya dia tidak jadi mendistribusikan KIP karena saat ke kelurahan tidak ada petugas kelurahan yang mau ikut dirinya untuk mengantar ke penerima KIP," kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan saat dihubungi detikcom, Kamis (22/3/2018).


Rudi mengatakan bahwa pria 32 tahun itu telah dimintai keterangan bersama dengan 4 saksi lain pada Rabu (21/3/2018). Tentang pengakuan Hamid ini, Rudi akan mendalaminya dengan cross check dari keterangan para saksi lain.

"Pengakuan itu akan kami dalami lagi kebenarannya. Kami dalami dengan memeriksa saksi lainnya," ungkap Rudi.


Mantan Dirreskrimsus Polda Sumsel ini juga akan mempertanyakan apa alasan Hamid membiarkan saja 643 KIP hingga 2 tahun lamanya. "Kami juga dalami dugaan unsur kesengajaan dan kelalaian hingga 643 KIP yang seharusnya didistribusikan pada 2016, tapi hingga kini penerima belum menerima haknya," tandas Rudi. (ze/iwd)