Antisipasi Gas Beracun Ijen, Kodim 0822 Bondowoso Bagikan Masker

Chuk S. Widarsha - detikNews
Kamis, 22 Mar 2018 12:59 WIB
Warga sekitar Ijen diberi masker/Foto: Chuk S. Widarsha
Bondowoso - Kawah Ijen mengeluarkan gas belerang yang membahayakan kesehatan. Jajaran Kodim 0822 Bondowoso membagikan masker pada warga terdampak.

Masker-masker berbahan kain kassa itu kemudian dibagikan cuma-cuma di setiap orang yang nelintas. Tak terkecuali anak-anak.

Bahkan, puluhan tentara itu langsung mendatangi sekolah SD di Desa Kalianyar dan membagikan masker ke para siswa dan guru di sekolah tersebut.

"Ini untuk mengurangi dampak terhirupnya gas belerang yang sangat berbahaya bagi kesehatan," kata Komamdan Kodim 0822 Bondowoso, Letkol Tarmuzi, kepada wartawan di lokasi, Kamis (22/3/2018).

Pantauan detikcom, pembagian yang dilakukan jajaran Kodim itu bukan hanya berupa masker. Namun ratusan nasi bungkus diberikan ke warga terdampak.

Puluhan warga perkebunan Margahayu dan Watucapil, Kecamatan Ijen, mendadak jatuh pingsan. Diduga, mereka pingsan akibat menghirup gas belerang yang berasal dari Kawah Ijen.
Puluhan warga yang pingsan lantas dievakuasi ke Puskesmas Ijen.

Sementara itu, ratusan warga di dua wilayah perkebunan itu kemudian mengungsi ke beberapa desa sekitar untuk menjauh dari lokasi. (fat/fat)