Patroli ATM Tiap Pagi dan Sore, Cara Polres Blitar Cegah Skimming

Erliana Riady - detikNews
Kamis, 22 Mar 2018 11:25 WIB
Ilustrasi (Foto: Ari Saputra)
Blitar - Mengantisipasi aksi skimming yang merugikan sejumlah nasabah perbankan di Jawa Timur, Polresta Blitar ikut turun tangan dengan melakukan patroli ATM di wilayah kerjanya.

Patroli ATM mulai digelar Polresta Blitar sejak Rabu (21/3/2018). "Petugas Sabhara yang patroli tiap pagi dan sore memeriksa mesin ATM di lokasi yang mereka lewati," ungkap Kapolresta Blitar Adewira Negara Siregar kepada detikcom, Kamis (22/3/2018).

Menurut Adewira, mesin ATM yang terindikasi digunakan untuk skimming adalah jika di bagian keluar uang biasanya ditutupi stiker.

"Kalau petugas menemukan benda-benda mencurigakan itu, kami langsung laporkan ke bank yang bersangkutan," lanjutnya.

Adewira menambahkan, pemeriksaan ATM akan rutin dilakukan selama masih ada laporan kejahatan perbankan.


Di samping patroli ATM, Polresta Blitar juga telah menandatangani kerjasama pengamanan perbankan dengan beberapa bank di Blitar untuk mengantisipasi berbagai modus kejahatan perbankan.

Hal ini dirasa perlu dilakukan kendati sampai saat ini Polresta Blitar belum menerima laporan terkait kasus itu di wilayah kerjanya.

"Sampai saat ini belum ada laporan terkait korban skimming. Namun kami imbau masyarakat terus waspada terhadap tindak kejahatan perbankan ini," kata Adewira.

Dalam penandatangan kerjasama ini, Kapolresta Blitar didampingi oleh Pemimpin Bank Jatim Cabang Blitar. Beberapa perwakilan Bank, baik milik pemerintah maupun swasta yang hadir di antaranya dari BRI, BNI, BCA, Mandiri dan Maybank.

"Meskipun pihak kepolisian sudah berhasil mengamankan pelaku namun kesepakatan perbantuan keamanan kantor dan pengamanan uang nasabah ini dinilai tetap penting untuk dilakukan untuk mengantisipasi adanya pelaku lainnya," pungkasnya.

[Gambas:Video 20detik]

(lll/trw)