DetikNews
Rabu 21 Maret 2018, 21:40 WIB

Jadi Tersangka Suap, Begini Situasi Rumah Wali Kota Malang

Muhamm - detikNews
Jadi Tersangka Suap, Begini Situasi Rumah Wali Kota Malang Foto: Muhammad Aminudin
Maang - KPK menetapkan Wali Kota non aktif Moch Anton sebagai tersangka kasus suap APBD-Perubahan 2015. Bersama Anton, ada 18 anggota DPRD lain yang berstatus sama, salah satunya calon wali kota Yaqud Ananda Gudban.

Pasca penetapan tersangka kediaman pribadi Moch Anton di Jalan Tlogo Indah, Tlogomas, Lowokwaru, Kota Malang, terlihat lenggang. Gerbang pagar rumah ditutup, dan beberapa penjaga duduk di depannya.

Belum diketahui dimana keberadaan Anton bersama keluarganya. Apakah masih menempati rumah tersebut, atau berpindah tempat. Anton sendiri tengah cuti dinas, setelah memutuskan maju kembali di Pilwali Malang 2018.


Anton sendiri belum memberikan keterangan resmi soal penetapan dirinya sebagai tersangka. Begitu juga tim pemenangan yang mengawal dirinya maju di Pilwali Malang 2018.

Anton bersama Syamsul Mahmud merupakan pasangan urut 2, yang diusung PKB, PKS, Gerindra, dan Perindo.

Sementara juru bicara paslon calon wali kota dan wakil wali kota urut 1 Yaqud Ananda Gudban-Ahmad Wanedi, Dito Arief, menegaskan jika tim pemenangannya masih solid dan akan terus bekerja untuk pemenangan di Pilwali Malang 2018.

Kasus hukum yang sedang dihadapi, kata dia, tidak mengurangi daya dobrak tim sukses untuk tetap bekerja. Bahkan, dengan adanya hal itu makin membuat tim Menawan semakin solid.

"Tim Menawan tetap solid sebagai koalisi kekeluargaan," kata Dito Arief dalam siaran pers yang diterima detikcom, Rabu malam.

Ia menambahkan, tim sangat menghormati proses hukum yang saat ini sedang berjalan dan akan terus kooperatif bersama aparat penegak hukum.

"Kita mengedepankan azas praduga tidak bersalah. Kami menghormati proses hukum yang berlaku," ungkap politisi PAN ini.


Terkait dengan kampanye, tidak ada perubahan dan kendala, karena sudah terjadwal secara sistematis.

"Pilkada terus berjalan, proses kampanye tetap jalan. Pasangan Menawan tetap akan turun menyapa masyarakat. The Show Must Go On," sambungnya.

Nanda begitu akrab disapa, cuti sebagai anggota DPRD sejak maju sebagai bakal calon wali kota. Ketua DPC Partai Hanura ini diusung koalisi besar, yakni PDIP, Hanura, PAN, PPP, dan didukung NasDem.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed