DetikNews
Rabu 21 Maret 2018, 15:41 WIB

Begini Kondisi KIP Setelah Lama Tersimpan Dalam Karung

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Begini Kondisi KIP Setelah Lama Tersimpan Dalam Karung Sebagian amplop tempat KIP dalam keadaan rusak (Foto: Deni Prastyo Utomo)
Surabaya - Ratusan Kartu Indonesia Pintar (KIP) diduga telah lama tersimpan di dalam karung yang ditemukan di tempat laundry di Nginden Jangkungan, Sukolilo. Karena tersimpan cukup lama, sebagian amplop pembungkus kartu sudah rusak.

"Kalau dilihat dari bentuknya yang rusak, sepertinya sudah beberapa hari karena laundry dekat dengan air," Kata Kapolrestabes Surabaya Kombespol Rudi Setiawan kepada wartawan, Rabu (21/3/2018).

Dari pengamatan detikcom, Saat dikeluarkan dari karung yang membungkusnya, terlihat sebagian amplop dalam keadaaan rusak. Amplop berwarna putih itu terlihat berwarna coklat, yang sepertinya terkena air dan mengalami pelembapan di dalam karung.

Rusaknya amplop diduga karena lembapRusaknya amplop diduga karena lembap (Foto: Deni Prastyo Utomo)

Karung itu sendiri berisi ratusan amplop putih yang di dalamnya berisi brosur dan sebuah KIP. Sejumlah amplop disatukan menggunakan karet. Namun sebagian karet telah putus sehingga sebagian amplop bertebaran tak beraturan di dalam karung.

Lembapnya air tak hanya merusakkan amplop, namun juga merusak brosur yang ada di dalam amplop. Alamat pada amplop juga turut rusak sehingga tak bisa terbaca lagi. Untunglah meski amplop dan brosur rusak karena lembap, KIP sendiri tidak ikut rusak.

Bahan baku KIP yang menggunakan material plastik menghindarkan adanya kerusakan akibat lembap. Meski alamat pada amplop hilang akibat kertas rusak namun alamat yang tertera pada KIP masih cukup jelas.

Ada 643 KIP yang ditemukan di dalam karung. Karung itu sendiri ditemukan di Laundry Kinclong di Jalan Nginden Jangkungan, Sukolilo. 643 KIP terbitan tahun 2016 itu diperuntukkan bagi dua kelurahan di Kecamatan Sukolilo dengan perincian 220 KIP untuk Kelurahan Gebang Putih dan 423 KIP untuk Kelurahan Keputih.



Amplop disatukan dalam karet, KIP sendiri tidak mengalami kerusakanAmplop disatukan dalam karet, KIP sendiri tidak mengalami kerusakan (Foto: Deni Prastyo Utomo)



(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed