Ini Info Detail KIP dalam Karung yang Ditemukan di Laundry

Zaenal Effendi - detikNews
Rabu, 21 Mar 2018 13:47 WIB
Salah satu KIP yang ditemukan (Foto: Deni Prastyo Utomo)
Surabaya - 643 Kartu Indonesia Pintar (KIP) di dalam karung yang ditemukan di tempat laundry ternyata sudah berumur 2 tahun. Ratusan KIP itu diterbitkan pada 2016 dan belum dicairkan.

"Berdasarkan hasil pengecekan fisik dari Kemendikbud, dipastikan KIP itu merupakan terbitan atau keluaran 2016 dan keuangannya belum dapat dicairkan di bank penyalur," kata Kabag Humas Pemkot Surabaya M Fikser kepada detikcom, Rabu (21/3/2018).

643 KIP yang ditemukan dalam karung di laundry kawasan Nginden Jangkungan diperuntukkan untuk dua kelurahan di Kecamatan Sukolilo.


"643 KIP itu untuk dua kelurahan di Kecamatan Sukolilo. Rinciannya, 220 KIP untuk Kelurahan Gebang Putih dan 423 KIP untuk Kelurahan Keputih," ujarnya.

Fikser mengatakan bahwa data tersebut diperoleh pihaknya setelah auditor Kemendikbud mendatangi Polsek Sukolilo dan melakukan pengecekan keaslian kartu.

"Perwakilan dari Kemendikbud yang hadir adalah Bapak Syamsuri auditor madya dari Inspektur Jenderal Kemendikbud," ungkap Fikser.


Syamsuri, kata Fikser, juga mengungkapkan jumlah KIP yang dikirim ke Kota Surabaya sebanyak 104.793 kartu dengan menggunakan dua vendor pengiriman.

Informasi yang dihimpun, dua vendor dan jumlah kartu yang dikirim adalah 31.500 kartu dikirim PT Dekster dan 73.293 kartu oleh PT Satria Antaran Prima.

Fikser menambahkan bahwa ratusan KIP tersebut tetap akan didistribusikan kepada yang berhak menerima. KIP akan dibagikan setelah proses penyelidikan di kepolisian selesai. Pembagian akan difasilitasi Dinas Pendidikan dengan mengundang pihak sekolah dan perbankan untuk pencairan (ze/iwd)